Tiba-tiba …

January 18, 2008 at 03:59 11 comments

Barusan denger dari mom, kantor tempat pap sama Ivan (adik ogut-red) kerja mau dioper sama orang lain. Bokap ogut udah kerja di kantornya ini lebih dari 20 tahun,  … Bahkan belakangan, Ivan ikutan kerja di sini juga.

Sebenernya siy bukan karena kantornya bagus or gajinya gede sampe bokap betah banget kerja disini. Tapi kebetulan, waktu ogut kecil, bokap pernah sampe keilangan kerjaan alias nggak kerja beberapa tahun, setelah keluar dari kerjaan lama dan hijrah ke Jakarta. Ada orang yang janjiin, bokap mau disuru pegang kerjaan di Jakarta ini, dan orang tersebut kemudian nipu. Jadilah bokap ogut yang waktu di Palembang udah punya kerjaan bagus, terpaksa nganggur di Jakarta, dengan 3 anak pulak!

Nyokap ogut yang hebat,  adalah yang waktu itu cari uang. Mulai dari terima jaitan, terima sulaman bikin taplak2 gitu, sampe bikin&jualan kue2. Dipikir2, nyokap hebat yaaa, ga terus ngeluh dan ngomel tapi malahan bergerak, berusaha buat menopang kehidupan keluarga yang lagi pincang.

Udah gitu, bokap ogut ini typenya yang berat mulut gitu. Pendiem dan sungkan-an. Ga mau minta tolong sodara buat koneksi cari2 kerja gitu … Untung nyokap ogut type kebalikannya, dia siy beberapa kali minta tolong om ini dan tante itu buat kasiy tau kalo ada info kerjaan.

Tahun 87′ (kalo ga salah inget), berkat ke-tidakgengsiang nyokap- Salah seorang sepupu jauh nyokap yang pegang satu perusahaan, ngajak bokap buat kerja dikantor yang dipegangnya. Setalah kerja + 3 taun, di tahun 90’an  kami pindah ke rumah kantor. Keadaan ini juga mendadak, karena pas boss bokap nganterin pulang kami sekeluarga abis acara ultah kantor, dia liat kalo tempat tinggal bokap sekeluarga ga bagus buat perkembangan anak2  -secara di gang sempit yang kiri kanannya got-  haduh! Akhirnya dia suruh kita pindah ke mess kantor.

Kepindahan itu tentu saja merupakan hal positif buat kami sekeluarga. Dari rumah yang kecil didalem gang, kami dapet rumah yang ukurannya lumayan banget, bahkan ukurannya hampir 3X rumah yang lama. Ogut dan adik2 bisa punya kamar sendiri lengkap dengan AC. Wah, seneng banget deeh pokoke.

Bokap ogut tuh loyal dan hard worker banget … Udah gitu, dia orang yang luruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuus bangets … ga bisa tuh yang boong2 or korupsi2 gituh. Sampe akhirnya bokap dapet kepercayaan buat jadi kepala gudang, which is tempat yang strategis dan ‘basah‘ banget buat ‘sabetan‘. Tapi bokap ogut yaa tetep bokap ogut … dia tetep di jalan lurusnya … hahahaha.

Naaaah, karena perekonomian yang agak lesu, beberapa kali kantor ini mengalami PHK besar2 an dan sempet juga merumahkan karyawan2nya. Kantor berikut pabrik yang sebesar PT. ******* ini, pastinya menyangkut mulut  banyak banget orang yaaa … Sempet juga ada beberapa kali pergantian pimpinan. Tapi, selama om ogut itu masih menjabat, hampir dibilang, kami tenang, karena dia pasti belain keluarga kan?

Balik ke conversation with mom barusan, kata mom, bokap dan adik ogut terancam hilang pekerjaan kalo sampe perusahaan dijual dan ganti kepemilikan. Bisa jadi bahkan si pemilik baru mau ganti bidang usaha. Kalo bokap, emang udah umurnya buat pensiun juga, secara udah 61. Kalo Ivan, ga tau deh gimana nasibnya, … tapi kalo dia kan masiy bisa nyari2 kerjaan baru nantinya, bahkan yang lebih bagus & ada masa depannya.

Yang jadi masalah dan pikiran utama saat ini adalah tempat tinggal. Selama ini, kehidupan mom-pap udah bisa dibilang enak. 3 orang anaknya udah kerja semua. Rumah ada, mobil juga ada. Tapi semuanya itu fasilitas kantor. Mungkin buat orang seumuran bokap, kehilangan segala sesuatu udah settle gitu adalah hal yang cukup berat.

Udah gitu, bokap juga udah terbiasa dengan pekerjaannya, which is masiy berasa berguna karena bisa menghasilkan sesuatu dan produktif di usia sekarang ini. Bokap ogut tuh typical yang bener2 ga bisa diem … bangun pagi langsung ke kebun belakang, kasiy makan burung2 peliharaan, nyirem taneman, ngelap2 mobil, yaa, gitu deeeeh. Kalo ke rumah ogut juga, adaaaaa aja yang dibenerin … entah masang pengatur di pintu, benerin pintu kawat yang bolong2 kecil, benerin ledeng yang kadang suka bocor, waaah, pokoke type pekerja banget deeeh!  Nganter jemput adik ogut dan cucu2nya juga termasuk dalam agenda kegiatan sehari2 bokap diluar jam kerjanya looh.

Hfffff …. Masalah ini cukup mendadak dan berat siiy. Ogut berusaha bilang ke nyokap buat ga usah mikirin hal2 yang ga penting. Yang ada nanti pada sakit lagi. Bokap siy udah nyuruh nyokap beres2, just in case kalo tiba2 berita PHK keluar, brarti kudu keluar dari rumah yang udah ogut tinggalin ampir 20 tahun juga. Ogut bilang ke nyokap, ga usah khawatir, kalo disuruh pindah, yaa tinggal bareng ogut aja … Toh masiy ada kamar kogs!! Itu mungkin solusi sesaat, tapi ga tau bisa menjawab khawatirnya bonyok juga or not.

Diantara semua hal itu, ogut cuman takut bokap&nyokap kepikiran, dan malahan jadi sakit … 😥  Moga2 aja mereka seasyik ogut … mau ada masalah or not, semuanya ga usah dipikirin …. kan udah ada yang ngatur yaa??

Kalo udah begini, koq tiba2 ogut pengen jadi anak yang banyak duit, yang bisa beliin rumah dan mobil buat ortu tercinta … biar mereka bisa menikmati masa tua mereka dengan bermain dengan cucu tanpa harus mikirin soal keuangan lagi …

God, tolong ingetin mereka, kalo burung di udara aja Tuhan pelihara,
mereka juga pasti bisa survive dengan keadaan ini.

Moga2 keuangan ogut juga bisa segera pulih dan settle, jadi ogut bisa bilang ke mereka, “Dun worry, i will handle this for you 🙂  …. “

” Bless me Lord, so that I could bless them too … “

Advertisements

Entry filed under: Uncategorized.

Training ++ Rambut baru euuuy!!

11 Comments Add your own

  • 1. renzia  |  January 18, 2008 at 05:10

    duh ga tau mo comment apa…

    cuma mo bilang semua pasti ada jalannya kok feb. kalo emang ternyata bokap n ivan harus cao dari kantor ya sekarang… ya pasti TUHAN ngasih yang lain kok. apalagi ivan masih muda. masa depan dia masih panjang terbentang. sedangkan bokap… untuk masalah rumah kan elu uda bisa kasih solusi sementara… sekarang mikirin kegiatan lain gimana supaya bokap elu ada kerjaan lagi… kalo cari kerja baru sih gue rasa emang ga mungkin. gimana kalo berwiraswasta kecil2an?

    Reply
  • 2. Arman  |  January 18, 2008 at 05:17

    waaa…

    iya yang penting banyak berdoa ya. pasti nanti ada jalan keluarnya. lagian masih belum tentu kan feb? ya moga2 gak ada PHK ya..

    tapi bener kata lu, bonyok lu gak perlu stres2 mikirin lah. kalo sampe (amit2) emang mesti pindah ya kan ada rumah lu untuk sementara… ya kan… 🙂

    Reply
  • 3. meidrie  |  January 18, 2008 at 06:09

    Turut sedih ya, Say… May I help u?
    Yakinin mereka aja kalo tinggal ditempat elu itu solusinya..Laki lu ga bakal keberatan dong?Usul temen lu buat wiraswasta bisa dipikirin tuh..Apalagi nyokap lu itu punya banyak keahlian;-). Terus Ivan ama Etha emang dah semestinya cari kerjaan baru kali ya, yang moga2 bisa turut membantu ortu lu..GBU, Jeng..

    Reply
  • 4. pitshu  |  January 18, 2008 at 06:14

    Huahh… bokapnya pitshu juga tipe yg enggak bisa diem, seharusnya udah pensiun. tapi dia masih perpanjang kontrak kerja tiap tahunya ^^ hahahaha…

    bonyok sih bilang, yg penting kita2 bisa hidup mandiri aja, ga usah pikirim mereka, mereka udah ada rumah, udah ada tabungan hari tua, ada asuransi, dll ga bakalan nyusahin kita sebagai anaknya ^^

    tapi yang namanya anak, pasti maunya suatu hari berguna juga donk buat bonyoknya, dan bisa membalas budi baik ortu selama ini 🙂

    Reply
  • 5. limmy  |  January 18, 2008 at 06:38

    kalo gue sih yakin kalo Tuhan ga akan kasih cobaan melebihi kemampuan umatNya.
    dan pasti ada hikmah di balik semua cobaan.

    jadi febi sekeluarga sabar aza. yakin pasti ada jalan keluar yg terbaik utk kalian. 🙂

    Reply
  • 6. susan  |  January 18, 2008 at 07:58

    aku cuma bisa bilang Tuhan pasti punya sesuatu yang indah pada saatNya sampai kapanpun…
    aku saat ini bantuin doa moga semuanya beres dan sesuai dengan yg kita inginkan semuanya…
    tidak ada yang jelek….

    Reply
  • 7. sofie  |  January 18, 2008 at 08:27

    kenapa orangtua2 kita itu tipenya hampir sama ya La?
    apakah orang jaman dulu tipe pekerja keras karena sering ditempa dgn berbagai macam asem garem kehidupan ya?
    dohhh bahasanya……yang jelas ikut berdoa semoga keadaan segera membaik, yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan semua pihak……aminnnnn

    Reply
  • 8. acen147  |  January 18, 2008 at 08:32

    hmmm… lu coba tenangin mereka dg mengatakan bahwa tinggal sama lu malah enak, lebih deket sama anak-cucu. soal rejeki uda diatur sama Tuhan. dan pastinya anak2 juga bantu. klo semua berusaha dibantu doa, pasti masalah ini bisa berlalu 🙂

    Reply
  • 9. luvly7  |  January 18, 2008 at 09:01

    @Dear All, thanks banget buar supportnya yaaa … wish everything’s gonna be ok!

    @Renzia : Bokap ga punya bakat dagang kyknya Des… ini nurun ke gue juga!

    @Arman : Nyokap siy ga mau stress, tapi pasti yang gini2 otomatis bikin dia berpikir, secara nyokap, apa2 juga dipikirin … 😦

    @Meidri : Yaa, elu tau type2 bonyok gue kan say?? khabarnya mendadak banget siiy …
    gue bener2 takut mereka stress aja … 😦

    @Limmy,Susan&Sofie : Amiiiien … thanks ya jengs!

    @Susy : Emang cuman Timmy & Nick yang bisa bikin mereka ketawa siy Sus 😉

    Reply
  • 10. nat  |  January 18, 2008 at 09:30

    yang namanya ortu ada masalah, pasti kita sbg anak ikutan pusing ya Feb…
    kalo blon bisa bantu secara materiil, bantu doa aja Feb, besar juga kok artinya tuh..
    smoga diberikan jalan keluarnya segera ya Feb, GBU

    Reply
  • 11. Pucca  |  January 18, 2008 at 10:34

    semoga mereka ga stress ya, mungkin aja ini salah satu cara Tuhan ngingetin kalo mereka udah waktunya pensiun, udah waktunya hidup deket ama anak n cucu2nya 🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Luvly7 ….

Cewek Keren Sedunia is her middle name ... Love travelling ,make friends, watch movie and sleep! Really wanna be slim without stop eating :) Be a famous TV presenter & MC is one of her biggest dream, and hopefully she still can reach it !!! You go girl !!

Oldies

Visitors

  • 440,888 clicks

RSS Blogger’s update

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Recent Posts


%d bloggers like this: