Pempek oh Pempek

July 27, 2009 at 04:27 30 comments

pempek campur

Hihihi …. gambarnya kecil bgt yaa??

Siapa yang gag suka pempek angkat tangaaaaaaan …. !!!

Ogut yakin, hampir semua orang doyan sama yang namanya pempek. Ogut sendiri, sebagai cks Palembang asli, bisa makan pempek setiap hari tanpa jeda sepertinya, kalo ada sponsor pempek   😉  Sekarang2 ini siy, makan pempek paling2 1 – 2 kali seminggu … dengan catatan, kalo ada temen makan or temen yang ngajakin ketemuan di pempek, frekuensi bisa bertambah sampai 3 – 4 kali seminggu  🙂

Di Kelapa Gading, ada banyak sekali tempat makan pempek. Mulai dari yang enak, sampe yang kurang enak. Mulai dari yang rasa ikannya beneran, sampe ke rasa ikan jadi2an. Mulai dari yang terkenal, sampe ke yang abal2. Rasanya ada lebih dari 30 restoran yang memasang plang pempek or masakan palembang dan teman2 di depan restonya.

Ogut paling sering makan di Pempek 161. 2 tempat yang mengikutinya adalah Pempek Pak Raden, Pempek Sari Sandjaja (pempek Apy)  & Pempek Bunga Mas.

Pempek Bunga Mas adalah resto pempek yang merajai mall. Selain di Jl. Raya bouleverd, disebelah martabak Fatmawati,  gerai lainnya bisa didapati di berbagai mall di kelapa gading. Mulai dari Mall Kelapa Gading 1, eat & eat MKG 5, sampai ke Mall Artha Gading,  bisa kita temui pempek Bunga Mas ini.

pistel

– Pistel, the best from Bunga Mas –

Yang special dari Pempek Bunga Mas adalah pempek pistelnya. Pempek berisi olahan pepaya muda yang diberi santan, lebih enak dimakan versi rebus, tapi kalo mau digoreng juga gag kalah enaknya. Bentuknya mirip2 pempek telur kecil, cuma beda di bagian ujungnya yang dibentuk berbeda buat membedakan dengan yang telur kecil. Di Bunga Mas ini, isi pastelnya yummie, gag terlalu manis or asin, gurihnya pass!! Ogut, Etha & Susan satu suara kalo pistel paling enak ada disini 😉  Oya, cuka or kuah pempek di Bunga Mas juga termasuk enak. Apalagi cabe rawit tambahannya yang luar biasa pedeeees, buat penyuka cuka dengan tingkat pedas diatas rata2  😉 

Yang minusnya, mungkin karena kebanyakan gerai dibuka di Mall yang sewanya mahal, harga pempek Bunga mas jadi ikutan mahal. Harga 6rb/sebuah pempek kecil sepertinya lumayan mahal dibanding saingan2nya yang memasang harga 3 – 5.5rb / buah. Tapi, kalau udah ngemall dan pengen makan pempek, mau gag mau mampirnya ke Bunga mas ini kan 😉

Pempek Pak Raden, walaupun sudah terkenal dimana2 dan punya banyak cabang di berbagai kota lainnya, tetap jadi pendatang baru di kelapa gading. Gerainya belum lama buka di gading boulevard, deket sama Glodok Elektronik. Disini lumayan lengkap, selain ada pempek, ada juga makanan palembang lainnya, mulai dari pindang sampai tempoyak.  Pempek disini ukurannya kurang lebih sama dengan di Sanjaya or Bunga Mas. Harganya juga kurang lebih sama dengan Sanjaya. Kalau disini, ogut suka pesen pempek lenjer besarnya. Harganya 12 rb/ buah dan bisa dipotong2 jadi 6 – 8 potong kecil. Dibanding menu yang lain, yang ini lumayan masuk akal deh harganya  🙂

Pempek Sari Sanjaya adalah rumah pempek yang rasa pempeknya gag begitu istimewa. Pempeknya kecil2 dan rasanya std. Walaupun selalu ramai, dan bisa berkembang dari 1 ruko pas pertama buka, sampai jadi 3 ruko (or 4 yah?) sekarang, ini rumah pempek yang paling tidak ogut sukai. Selain cuka (or kuah pempek) dan kelengkapan lainnya yang tidak tersedia di atas meja, harus minta dan minta lagi kalau mau tambah, rumah pempek yang satu ini perhitungan banget! Minta tambah kuah aja kudu bayar boooow!! Kaget aja pas makan di Sanjaya waktu itu, minta tambahan kuah pindang, ternyata di charge. Minta tambahan kuah tekwan juga kudu nambah bayar …

Yailaaah … cuman kuah seketil bae’ … alangkah peretongannyooo oooy!!  (terjemahan bebas : gilee, kuah dikit aja peritungan amat sih luuu?) kalo kata orang Palembang.

Yang membuat ogut kudu mampir kesini lagi adalah, rasa tekwan dan modelnya yang lumayan enak. Gag mau bilang enak ah, lumayan aja, rugi promosi gratis buat resto pelit gini!! Hehehehehe

Review terakhir, resto pempek yang paling sering ogut datengin. Gag lain dan gag bukan, resto Pempek 161. Pempeknya paling besar, dengan harga paling masuk akal. Rasa ikannya juga paling terasa. Cuka (or kuah pempek) bebas, ada di taro sebotol sirup ABC diates meja. Sambel bebas, ebi bebas … kalo lagi seru makan tiba2 kuah tekwan kering, tinggal minta tambah kuah for free!! Ogut malah sering pesen tekwan semangkok, trus minta additional kuah biar bisa makan sharing sama temen ogut.

Es kacang disini juga yang paling enak. Dari sekian banyak es kacang Palembang yang ogut cobain, disini yang paling wokeh. Es kacangnya gag pake santen yang bikin gatel tenggorokan. Cuman kacang + sirup merah + susu kental manis + es serut.

es kacang merah

– untung gambarnya kecil, jadi gag begitu menggoda 😉 –

Gag tau karena udah langganan or emang dia berani treat customer, minta additional apa juga dilayanin koq. Favorit ogut kalo makan di resto ini biasanya : lenjer goreng, keriting rebus, lenggang goreng, tunu, martabak Har dan es kacang 🙂  Saat ini mereka memasang harga 5,500/pempek biasa. Tapi ukuran pempek disini bisa dibilang hampir 2X lebih besar daripada 3 resto lainnya yang udah ogut ceritain diatas. Oya, pempek tunu or panggang disini juga enak banget! Enak rasanya, enak ukurannya 🙂

tunu

– pempek panggang yang dimakan dengan bumbu ebi + kecap manis + cabe rawit –

Selain pempek, 161 juga menjual berbagai macam kerupuk, kemplang (kerupuk panggang), burgo, model, pangsit ikan (yang enak banget, tapi lumayan mahal), celimpungan, roti cane, martabak Har … dooooh, jadi lapaar akuuuuh!!

Sapa yang mo nyobain pempek2 tersebut tapi gag tau jalan kesana??? ogut dengan senang hati bersedia jadi guide gratis!! Tapiii, syaratnya, ogut kudu ikutan makan yaaaa 😉

Advertisements

Entry filed under: All 'bout delicious.

Hilang permatakyu … Fungsi lain BB are …

30 Comments Add your own

  • 1. Pucca  |  July 27, 2009 at 06:02

    pempek lovers ya la? 😛
    gua biasa aja ama pempek2.. kadang pengen juga, tapi gak sering2 amat.. abis makan pempek emang paling cocok makan es ya, kalo gak mulutnya bau ebi, rasanya perlu pencuci mulut hehehe..

    Reply
    • 2. luvly7  |  July 30, 2009 at 04:48

      Abis makan pempek biasanya mulut bau bawang putih Vi, apalagi yang cuka *kuah pempek*nya diminum kyk gue gini :p

      Reply
  • 3. Anung  |  July 27, 2009 at 06:43

    di 161, es kacang merahnya tuh.. generous banget, kacangnya mangtab 😀

    Reply
    • 4. luvly7  |  July 30, 2009 at 04:48

      Setojooooh Nung!! jadi, kapan kita gathering dadakan di 161 neh??

      Reply
  • 5. hunnyph7  |  July 27, 2009 at 08:17

    kalo gue penggemar pempek garuda dari jaman dahulu kala.
    dulu mah waktu tinggal di rumah ortu deket tuh ke garuda, sekarang udah jauh tapi tetep ngangenin…

    Reply
    • 6. luvly7  |  July 30, 2009 at 04:49

      Udah pernah cobain 161 blom Hun?? Garuda rasanya boleh laaah … cuman rasa ikan di garuda blom seenak di 161 loh 😉 Lagian di garuda, paling2 gue makan pempek kapal selem goreng, sisanya kurang :p

      Reply
  • 7. vinorange  |  July 27, 2009 at 10:10

    SetOJOHHHH!!!! sama Olla… gw juga paling suka pempek 161 😀 Selain pempek n cuka nya yg okeh banget, gw suka roti cane nya.. emmm yummy…. es kacang blom pernah nyoba, kapan2 deh.. ;p

    Reply
    • 8. luvly7  |  July 30, 2009 at 04:50

      Pas nih, udah ada Olla, Anung, Vin, ayooo kita gathering di 161!!!

      Reply
  • 9. vinorange  |  July 27, 2009 at 10:10

    ketinggalannnn….. otak2nya juga montok2 yaa…. dan gk mahal 😀

    Reply
    • 10. luvly7  |  July 30, 2009 at 04:51

      Yang doyan otak2 montoknya si Timmy tuh Vin … gue siy tetep pempek makannya 😉

      Reply
  • 11. mamipapa  |  July 27, 2009 at 12:41

    jadi ngiler….hehehe

    Reply
    • 12. luvly7  |  July 30, 2009 at 04:51

      Huwaaa … samaaaa!! mana pas jam makan siang pulak … yiiih!

      Reply
  • 13. marypyon  |  July 27, 2009 at 12:47

    Hi.., aku visit balik yah.. sori baru cek wp home-ku. keasikan upload barang di warung yg lain.. hehhhe… nanti ku link yah!
    – mariana –

    ps. wong palembang toh..?? SAMAHH!! tapi dari umur 6 taon uda diboyong sama ortu pindahan ke Medan.

    perasaan mpek2 yg kelapa gading, TIDAK ADA 1 pun yg enak deh.. Aku hunting kesana kemari GA pernah dapet yg asli enaknya.

    Oh mpek mpek paling enak.. dimana kamu berada???

    Reply
    • 14. luvly7  |  July 30, 2009 at 04:52

      Mar, kalo dari 6 taon tinggal di Medan, brarti uadh jadi wong Medan dong?? Masih bisa pake bahasa palembang dak?? hehehe

      Eh, udah coba 161 blom? lemak nih yang ini …

      Reply
  • 15. arman  |  July 27, 2009 at 17:27

    gak pernah terlalu suka gimana ama pempek… menurut gua pempek dimana2 hampir sama aja.. hahaha…

    Reply
    • 16. luvly7  |  July 30, 2009 at 04:53

      Yaaaah Man, kyknya elu kudu kena pelet pempek dulu nih :p

      Reply
  • 17. angel  |  July 27, 2009 at 23:54

    kirain mo posting resep mpek2 ala mamie olla :p

    Reply
    • 18. luvly7  |  July 30, 2009 at 04:55

      Hihihihi, gag berbakat gue kyknya mosting resep, darling!

      Reply
  • 19. Sylvia, Jake and Matt  |  July 28, 2009 at 04:27

    Gw penggemar empek2, sayang banget disini susah carinya. Ampir gga ada, mau buat kadang males…. hik hik

    Reply
    • 20. luvly7  |  July 30, 2009 at 04:57

      Hihihi, di luar negri ya Jeng??
      Sepupu gue berhasil jadi penjual makanan Indo tuh di Canada. Yang dulunya gag bs masuk dapur, sekarang jago jualan kue lapis, pempek, dll 😉

      kalo tinggal diluar gini, kudu modal niat masak segala macem yaa biar gag kangen sama makanan Indo :p

      Reply
  • 21. Yulian  |  July 29, 2009 at 08:45

    jadi kepengen pempek gw, Feb!
    es kacangnya keliatannya enak….
    traktiran sour sally ganti pempek aja apa yah? 😛

    Reply
    • 22. luvly7  |  July 30, 2009 at 04:58

      Waaaakakakaka, traktiran yang gag diambil dalam waktu 7 X 24 jam udah langsung angus Yul :p

      Ayooo deeeeh, kapan mau makan ke 161, daripada ntar si dede ngiler, ie2 Pebiih yang dikejer2 lagi :p

      kapan yok??? dah baek blom?

      Reply
  • 23. veny  |  July 29, 2009 at 15:34

    ehh 161 dimana Feb ? di Bulevard ?? g mau donk !

    Reply
    • 24. luvly7  |  July 30, 2009 at 05:00

      gampang koq Ven. pinggir jalan. Ada logo ikan warna kuning, tulisannya 161. Dia adanya di sisi mall, sejajar. Tapi kalo mall ada di sebelah sonoh bunderan, nah dia disebelah sinih-nya

      *waaakakakka, petunjuk yang membingungkan Peb!!*

      biar lebih jelas, kapan mo makan 161, elu ajak gue aja, ntar gue unjukin 😉 halaah!

      Reply
      • 25. Veny  |  July 30, 2009 at 07:48

        jadi kalo dari dpn Ahwa deh ..sebelom bunderan sejajar Toko buah Total ? apotik Bintang gading ?
        ntar g kesana mendadak gmn janjian ama lo ? hua22
        kan angin2an g kesono nya . blom lagi cobain yoghurt RM ye ? selidah serasa deh ama lo ha222

      • 26. Veny  |  August 3, 2009 at 05:59

        udah kesono , maren …
        mantabbbb toh , enak toh ! hua22
        thx for rekomen Feb , ntar g review di Blog someday

  • 27. Fifi  |  July 30, 2009 at 02:52

    Olla,
    unggulan Pempek gua juga 161 tuh. Mana letaknya deket banget ama rumah bonyok gw lagi, jalan kaki ga ampe 5 menit bok. Yah gw grow up juga udah ngenal tuh 161 dari dulu sampe sekarang teteup itu favorit gw seeeh.

    dah nyoba Pak Raden, Bunga Mas, ama yg di Garuda, blm nemuin yg lebih enak drpd itu… hihihi

    Reply
    • 28. luvly7  |  July 30, 2009 at 05:03

      Setuju Fi! Tapi biarpun gag enak, pempek tetep abis ama gue mah 😉

      Reply
  • 29. celline  |  July 30, 2009 at 05:15

    yuk kita makan pempek lagi yuk.. kapan ya by? mungkin di kawinan ireine besok kita bisa puas2 makan pempek y?hahhaa

    Reply
  • 30. veny  |  August 1, 2009 at 04:22

    ehh Feb g dah tau deh tuh 161 , kae nya minggu ini or next week g kesono , deket Apotik Gading Sehat kan ? dkt Baji Pamai ?
    salah ketik g di atas >> ha22 apotik Bintang gading hu222 bs diomelim ama MIe Bintang gading . ha222

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Luvly7 ….

Cewek Keren Sedunia is her middle name ... Love travelling ,make friends, watch movie and sleep! Really wanna be slim without stop eating :) Be a famous TV presenter & MC is one of her biggest dream, and hopefully she still can reach it !!! You go girl !!

Oldies

Visitors

  • 442,971 clicks

RSS Blogger’s update

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Recent Posts


%d bloggers like this: