Aku Bukan Pujangga …

October 16, 2009 at 03:10 33 comments

Duluuuuu, sebagai anak pertama dari 3 bersaudara yang datang dari keluarga sederhana namun gag berkekurangan, ogut manut waktu mamie memilihkan sekolah sekertaris sebagai tempat ogut berkuliah. Keinginan kuat buat mendalami bahasa, karena emang ogut dari dulu suka banget sama pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan cita2 pengen masuk jurusan sastra juga ogut lupakan, setelah mendengar beberapa pendapat misalnya :

“Kalo mo bisa bahasa sih mending les aja, jangan ambil sastra …”
“Ntar mang mo jadi dosen bahasa?? or guru les bahasa?? … ”
“Sastra mah ribet kaleee, gag fun dan gag bikin elu bisa faseh ngobrol as soon as lulus juga … ”
“Ntar aja kalo mo lancar bahasa mah, tinggal sekolah setaon di Cina or Jepang, pasti lancar ngomong pas pulang … “

Akhirnya, dengan meninggalkan cita2 bisa cas-cis-cus ngobrol dengan berbagai bahasa seperti cita2 ogut dulu, ogut pasrah kuliah di sebuah akademi sekertaris, which is kuliahnya gag beda jauh sama sekolah. Kudu pake seragam (baca : rok) dan gag jadi ketemu kakak2 kelas yang keren2 kayak di pilem2 dulu, karena semua kakak kelas ogut perempuan. Mana ada siih cowok yang masuk sekolah sekertaris dul!

Waktu itu ogut berusaha enjoy aja dengan pilihan tersebut, secara ogut pikir, mamie-papie udah bayar mahal2, masak kuliah maen2 siih. Ngikutin semua mata kuliah dengan baik, seminim mungkin bolos kuliah *kecuali kalo ada job nyanyi, heheheh, teteeep** Ngumpet2 pake rok diatas celana jeans, karena ogut males pake rok dari rumah :p Dalam hati gag happy, tapi tetep berusaha jalan. Tetep looh, pelajaran favorit ogut bahasa Inggris & Jepang 🙂 Tetep semangat nyelesain kuliah sebaik2nya, dengan pikiran : “Ntar pan bisa cepet kerja, cari duit yang banyak buat bantuin mamie papie suppport adik2”

Dan, itulah yang terjadi sekarang. Dari 3 bersaudara, cuman ogut yang gag punya titel S1. Ivan bisa kuliah di tehnik seperti pilihannya, dan Etha bisa kuliah di Yogya, ambil jurusan koreografi seperti yang dia suka juga. Dari 3 anak, cuman Ivan yang  lulusnya rada telat dikit. Etha bisa lulus sesuai schedule, dan hampir tiap semester dapet beasiswa karena IPnya selalu diates 3.

Waktu itu posisinya ogut udah kerja, dan biarpun gaji ogut gag gede gimana, tapi udah bisa buat bantu2 kuliah Etha. Kalo gag salah, waktu itu emang ogut yang bertugas nguliahin Etha. Waktu Etha lulus dan akhirnya sempet kerja di Jepang selama beberapa waktu, ogut juga ikutan proud!

Ogut gag pernah menyesali keputusan ogut gag ambil S1, karena ogut pikir, hasil utama yang dilihat bukan titelnya, tapi gimana pekerjaan kita ntar. Masih banyak kan orang2 yang lulusan S1 bahkan S2 yang akhirnya terpaksa bekerja seadanya. Or lulusan S1 yang akhirnya malah meneruskan usaha toko keluarga. Or lagi, lulusan S1 yang berakhir di rumah, yang kerjanya cuma jalan2, nganter2 anak sekolah, ke salon, sesekali menengok dapur, dll. Eiiits, disini ogut sama sekali bukan mengecilkan peranan hebat seorang FTM looh!! Itu kan pilihan tiap orang yaa … ini ogut lagi ngomongin konteks lulusan S1 dan penerapan dalam pekerjaannya kelak.

Masih banyak temen2 yang kuliah cuma biar orang tua bangga dengan foto bertoga yang bisa jadi pajangan di dinding ruang tamu. Dan dengan bangga orang tua bisa pamer : “Itu foto anak sayaa, SARJANA looh 🙂 “ Tapi temen2 lupa, kalo setelah capek2 belajar di bangku kuliah, ada pekerjaan yang menanti jamahan tangan2 baru yang sarjana itu. Ada juga sedikit or bahkan banyak harapan ortu yang pengen ngerasain hasil keringet anaknya setelah capek2 disekolahin.

Balik lagi, ogut gag melulu menganggap kalo gag S1 berarti dunia lo berakhir. Kalo gag S1 berarti gag mungkin elu bisa kerja dan punya gaji sebesar or bahkan lebih dari seorang S1. Dan ogut tetep menjalani kehidupan seperti biasa.

Setelah lulus, sempet magang sebentar di sebuah perusahaan German. Belajar menerapkan ilmu yang ogut dapet dengan pekerjaan di lapangan yang ternyata sama sekali gag sama! Teori yang ogut dapetin gag ada apa2nya dibanding sama ilmu yang ogut dapet di lapangan. Kebetulan juga, ogut typical practical, bukan teoritis … alias, ogut bisa belajar segala sesuatu dengan cepat, dengan melakukannya. Misalnya, kalo dikasih text book tentang how to play a drum dan dikasih waktu satu tahun buat belajar, blom tentu hasilnya secanggih kalo ogut langsung terjun pegang stick drum dan praktek main drum seminggu. Ogut termasuk seorang fast learner yang bisa belajar depet cuma dengan melihat dan praktek  (ini ogut alami pas ogut beneran belajar drum dan belajar make-up)

Setelah dapet ilmu bekerja pas magang, ogut diajak om ogut buat kerja di kantor dia. Kebetulan dia jadi orang kepercayaan bossnya, dan ogut akhirnya kerja beneran di sebuah perusahaan pembuat transfer paper di Daan Mogot.

Seorang fresh graduate, muda, cantik, keren, kudu kerja di perusahaan yang nun jauh disana, dimana para pekerjanya rata2 seumuran om ogut, masiy juga mendingan om ogut ada ganteng2nya … trus, pekerja perempuannya dikepalai seorang nci2 yang belum merit (baca : rada judes), dan ogut jadi sekertaris merangkap admin, yang punya boss seumuran engkong ogut, yang dateng cuman seminggu 1 – 2 kali.

Karena itu pekerjaan pertama ogut, ogut blom punya pembanding yang laen kecuali tempat magang ogut. Kebetulan yang satu versi German, yang satu versi Chinese, jadilah gag bisa dibandingin. Di perusahaan berinisial IT ini, kekeluargaan lumayan terasa. Makan dapet catering, jadi setiap makan kita kumpul bareng di ruang makan sambil ngobrol2. Sesekali boss suka ajak makan di resto Jepang punya anaknya. Senin – Jumat ogut nginep di rumah om ogut, bareng istri & keluarganya. Lumayan save ongkos, dan baru pulang ke rumah tiap Sabtu – Minggu.

Sempet jadi anak bawang di perusahaan IT ini selama hampir 9 bulan, sebelum akhirnya ogut dapet tawaran dari temen buat kerja di kantornya yang masih baruuu banget dirintis. Beda sama lingkungan sebelumnya, kantor ini berada di sebuah gedung tinggi, dimana ogut bisa ketemu banyak orang2 muda *dan sesekali ganteng, kalo beruntung :p* . Karyawannya kebanyakan anak2 muda, bukan cuma di gedung, tetapi juga di kantor yang akhirnya jadi kantor ke-2 ogut.

Di JDI ini, ogut bener2 happy. Semua temen2 rata2 seangkatan. Banyak ketemu sama orang2 hebat. Lokasi kantornya masih jauh dari rumah, tapi gag seberapa beda sama kantor pertama. Kalo kantor pertama di Daan mogot, yang ini letaknya di Green Garden. Punya boss yang oke banget, gokil, baik dan kompak sama ogut. Inget banget, disini ampir tiap Jumat kita anak2 muda segenk-an jalan ke CL or makan keluar … Sesekali boss minta bayarin cc-nya dan ogut boleh pake mobil + drivernya sekalian ngemoll siang2  🙂 hehehe

Oya, perusahaan bergerak di bidang IT dan temen2 rata2 anak2 pinter lulusan Binus 🙂 Disini ogut punya banyak fans yang pinter2 temen yang jagooo banget ngutak-ngatik program compie. Oya, disini juga ogut pertama kali ketemu dan temenan sama Nat  🙂 

Sempet ngerasain suka-duka di JDI ini, sampe akhirnya ogut pindah ke perusahaan berikutnya, lagi2 karena ditawarin temen ogut. *Perasaan tiap kerja gag pernah nyari sendiri La?? hokinya di tawarin temen mulu kali yaa??*  Sebuah perusahaan tour & travel besar di Barat Jakarta, dan ogut kebagian jadi sekertaris di departemen inbound. Wiih, kalo sebelumnya suasana kerja modern sangat terasa, tiba2 karena gaji double dari sebelumnya yang ogut minta dikabulkan, ogut kembali masuk ke sebuah lingkungan yang rada gag modern. Temen2 sederhana, suasana kantor yang sederhana. Hampir 3 tahun ogut akrab dengan berbagai nama hotel, system booking tiket pesawat, dan berbagai kunjungan kerjasama dari sales2 hotel. 

Disini, sisi enaknya adalah karena ogut bisa nginep di hotel dengan harga special. Waktu merit & honeymoon malah ogut bisa dapet banyak bonus + harga miring, karena dibantuin sama boss ogut nego2 harga dengan hotel dan cruise.

Ogut keluar dari perusahaan ini sekitar tahun 2003 akhir. Waktu itu ogut lagi hamil Tim, dan baru aja ngurusin pindahan rumah ke Karawaci. Jadi FTM sementara, maunya sih after lahiran Tim ogut bisa kerja lagi. Kelar Tim lahir, baru mo ngurusin badan, eeeeh, ogut hamil Nick. Gag jadi kurus malahan jadi melendung lagi … hehehehe

Kelar Nick lahir, ogut ngeplan mo kerja lagi. Lagi2, kudu ngurusin bodi dulu, karena requirement di iklan2 selalu ditulis : penampilan menarik (Nah, kalo badan segede raksasa, mana ada menarik2nya siih???)

Tiba2, temen baik ogut nelpon ogut dan nawarin ogut buat ngisi posisi temporary secretary gantiin posisi dia selama masa cuti melahirkannya. Waaaah, sempet deg2an gag PD, soale dia udah lebih dari 7 tahun kerja di  perusahaan multinational yang isinya bule melulu. Pastinya dia udah sangat expert dong yaa?!

Tapi waktu itu, dasar si cks pemberani + 1/2 nekad, akhirnya ogut beraniin diri buat dateng interpiu. Dengan bermodal setelan jas jaman dulu yang kancingnya belom muat dikancing, sepatu gereja + make up seadanya, ogut dateng ke kantornya. Sebuah gedung megah di Gatot Subroto. Waaaah, setelah 3 taon gag kerja, taunya cuman mall, bumbu dapur, dan bikin susu baby, pas tiba2 disuru interpiu di kantor gede dengan boss bule kayaknya ogut kerdil banget yaa??!

Tapi dengan doa dan pikiran nothing to lose kalo pun gag diterima, at least ogut punya pengalaman (diinterpiu bule pan?!) ogut jalan. Temen ogut yang udah genduuuut banget perutnya, karena emang udah bentar lagi lahiran, menyambut ogut dengan senyum. Doi juga nguatin ogut buat gag grogi pas interview, karena *katanya* bossnya baik …

Ogut berharap dalam hati, si boss bule lagi sibuk meeting, jadi yang interpiu ogut cukup dari HRD yang org lokal aja. Hohoho, ternyata, doa ogut gag dikabulin. Om boss sendiri yang interpiu face to face alias 1 lawan 1 … hfffff.

Thank God, ogut bisa ngobrol enak sama do’i. Dan orangnya juga sangat2 baik, biarpun badannya tinggi gede gitu. Interview gag lama, gag lupa dia nambahin kalo ogut cuma akan bekerja 3 bulan, menggantikan posisi temen ogut ini.  Ogut adalah kandidat ke-3 dari 3 org yang ada.  2 kandidat lainnya sepertinya lebih kuat, karena yang satu lulusan luar negeri, dan yang satu lagi lebih muda belia (+kurus) dan lulusan S1.

Karena awalnya ogut udah bilang dalam hati, nothing to lose, jadilah ogut gag nanya2 lagi ke temen ogut soal result interviewnya. Dalam hati udah yakin gag diterima, secaraaa, gag ada khabar sampe seminggu kedepan. Temen ogut mungkin gag enak buat khabarin ogut, karena bad result ini, ogut pikir.

Tau2, hari Kamis ogut dapet telpon dari temen ogut, dengan percakapan seperti ini :

Ambar : “La, besok masuk kan yaa??”
Ogut : “Haaa?? masuk ke mana mba?”
Ambar : “Laah, gue lupa bilang ama elu yaa?? You got the job, dear …
Ogut : “Haaaa?? seriuss??? masak siy mbaaa???  …. “ –> masih setengah gag caya gitu deeh!

Gilee, Tuhan itu baik banget yaa?? belom kurus, udah lama gag kerja, gag punya ijazah dari luar negeri, tapi koq bisa ogut yang dipilih yaa??? Wow, He is my awsome God!!

Terus terang waktu itu ogut panik. Masalahnya, ogut sama sekali gag punya koleksi baju kerja *yang muat* dan belum nyiapin diri sama sekali buat ngantor. Untungnya kantor baru ini gag punya persyaratan kudu pake baju yang gimanaa gitu. Cukup rapi aja, dan Jumat bisa berjeans ria.

Thanks God, setelah 3 bulan kontrak pertama selesai, ogut masiy bisa kerja disini. Karena kemurahan Tuhan juga, tiba2 ogut bisa jadi bagian dari keluarga Well Operations Departmen. Merasakan gimana serunya berkantor dengan teman2 yang banyaaak … kegiatan yang seru dan punya banyak temen2 kerja yang berambut blonde.

Bukan berarti gag punya S1 ogut gag bisa berkarya kan??

Belakangan ogut sadar, S1 tetep merupakan standard utama di jaman ini. Mungkin ogut bisa punya kemampuan yang lebih daripada seorang S1 *narcis tetep dong aaah!!* tapi, selembar ijazah S1, tetep diperhitungkanlayaknya tiket masuk toll yang tidak bisa tidak harus dibayar. 

Sepertinya ogut kudu ngelanjutin sekolah lagi, kalo mau punya karier yang bagus disini. Ini lagi jadi pemikiran ogut, masiy banyak pertimbangan ini dan itu diluar pertimbangan soal biaya yang juga jadi pemikiran utama. Tapi ogut puas, dengan keberanian ogut melangkah, ogut bisa lompat kesana-kemari, ngerasain berbagai ragam pengalaman berbeda, dan pastinya jadi tambahan ilmu buat ogut, walopun ogut belum sarjana penuh.

Yang bikin sedih sekarang, ogut sibuk mendorong 2 adik ogut yang udah punya gelar S1, biar bisa melangkah seberani ogut. Mereka yang udah punya kesempatan sekolah yang lebih tinggi daripada kakaknya, menurut ogut masih terlalu santai. C’ mon, jaman sekarang gini, saingan fresh graduate yang pintar2 dan muda belia akan terus lahir. Kalo gag gerak sekarang, kapan lagiii???

Ogut pengen kalian jadi seseorang, bukan cuman sekolah buat punya foto dengan toga, tapi bisa menghasilkan sesuatu dari sekolah itu!! Kuliah 4 – 6 tahun kan gag mudah, banyak duit, tenaga, keringat, air mata, perjuangan disini dan disana yang harus terbuang. Kalo setelah punya embel2 S1 dibelakang nama kalian, tapi kalian cuma kerja sekedarnya, kapan kita bisa nyenengin mamie & papie????

Jia youuu my sista & brother, get out from your comfort zone and reach a better future … GBU! love you!

Advertisements

Entry filed under: CKS.

4bia vs 5bia (The next) Gusnaldi wannabe ;)

33 Comments Add your own

  • 1. Pucca  |  October 16, 2009 at 05:26

    loh la, kok judul ama postingan gak ada hubungannya? hihi..
    hebat juga ya lu la, bukan cuma diterima 3 bulan, tapi juga masih kerja sampe skarang.. 🙂

    Reply
    • 2. luvly7  |  October 19, 2009 at 03:09

      Hehehhehe, tau tuh Vi, tiba2 judul itu melintas gitu aja di kepala gue 🙂

      Gue masiy bisa disini after 3 months contract mah, bukan gue yang hebat … tapi BOKAP gue, hehehehhee 😀

      Reply
  • 3. amey  |  October 16, 2009 at 05:38

    wah postingan lu cocok banget neh ama gw 😀 sependapat

    Reply
    • 4. luvly7  |  October 19, 2009 at 03:10

      Oya Mey?? berarti kita cocok neeh?? bagian mananya yang sependapatt??

      Reply
  • 5. somepathtoremember  |  October 16, 2009 at 06:07

    gw juga lagi sekolah lagi say, ambil s2 konsentrasi finance, tapi orientasi gw bukan buat kejar nilai hahaha, tapi gw mau buat cari networking u/ bisnis hahaha dan juga ambil ilmunya.blog lo gw ijin link ya say

    Reply
    • 6. luvly7  |  October 19, 2009 at 03:11

      Monggo 🙂 gue juga ngelink blog elu koq 😉

      Hmm, baru sekali gue denger orang mo cari networking lewat sekolah lagi … wakakakka, perjuangan yang serius, kan kudu belajar + ujian + kuiz2… halaah!!

      mo butuh networking brp luas Meth?? xixixi

      Reply
  • 7. selvi  |  October 16, 2009 at 06:08

    Seru Feb baca cerita elo ttg kerjaan. Kalo gua nga ada yg bisa diceritain karena ini adalah kerjaan pertama gua.

    Gua termasuk orang yang takut loncat sana loncat sini, walaupun nga terlalu nyaman tapi dipaksa nyaman deh.

    Reply
    • 8. luvly7  |  October 19, 2009 at 03:13

      Kalo elu stay dan gag lompat2, berarti elu dah cukup disana. Cukup kerjaan dan cukup penghasilan Sel …

      bisa dibilang elu orang yang loyal … tapi pastinya, elu puas sama yang sekarang elu punya dong 😉

      btw, gue juga males lompat2 kalo udah enak maaah … susah pan ninggalin comfort zone ituh 😉

      Reply
  • 9. limmy mama radhika dan rania  |  October 16, 2009 at 06:59

    pengorbanan seorang kakak sulung utk adek2nya ya la.
    salut.

    Reply
    • 10. luvly7  |  October 19, 2009 at 03:13

      hicks …

      Reply
  • 11. Flora  |  October 16, 2009 at 07:31

    Ola yang HEBAT…ayo, ambil S1 La.

    Reply
    • 12. luvly7  |  October 19, 2009 at 03:14

      Heheheheh … iya Flo, gi kumpul2 niih !! kumpul nyali *buat belajar lagi* dan kumpul duitnyah 🙂

      Reply
  • 13. Eny  |  October 16, 2009 at 08:47

    terharu niy….

    Reply
    • 14. luvly7  |  October 19, 2009 at 09:10

      🙂

      Reply
  • 15. Vicky Laurentina  |  October 16, 2009 at 13:47

    Jadi, La, lu mau ambil S1 di mana?

    Reply
    • 16. luvly7  |  October 19, 2009 at 03:15

      Xoxoxoxooxo … langsung nembak aje nih Dok!
      Yang jelas mo di tempat yang bagus *ilmunya* dan paling murah *biayanya*

      Reply
  • 17. veny  |  October 16, 2009 at 14:36

    Cuman satu kata buat lo “Hebat” !!!

    Reply
    • 18. luvly7  |  October 19, 2009 at 03:16

      Heheheh, yang hebat mah yang ‘udah menyediakan semua kebaikan buat gue’ Ven …. 😉

      Reply
  • 19. y3nn1  |  October 16, 2009 at 14:46

    teruskan cita2mu…salut deh dengan keingin lu buat maju terus. Moga adik2 juga tersulut semangatnya liat lu 🙂

    Reply
    • 20. luvly7  |  October 19, 2009 at 03:16

      Iya nih Yen … lagi cari cara buat membakar semangat adik2 gue 😉

      Reply
  • 21. arman  |  October 16, 2009 at 16:26

    salut feb ama lu!!
    gelar emang bukan nomor 1 kok feb… yang penting usaha ya… 🙂

    Reply
    • 22. luvly7  |  October 19, 2009 at 03:17

      Yep! Yang penting niat dan ulet ya Man … tapi gelar ternyata tetep berkuasa loh Man 😉

      Reply
  • 23. Mr. E  |  October 17, 2009 at 14:54

    *angguk2 termenung..
    keren..

    Reply
    • 24. luvly7  |  October 19, 2009 at 03:18

      hmmm, keren apanya Win?? Angguk2nyaa???
      :p

      Reply
  • 25. Peggy  |  October 18, 2009 at 16:52

    *prasaan kmrn dah nulis comment pa ga jd gue submit yak..

    Salud *pake D* 😀 ama loe, Feb..
    gelar emang ga selalu bisa dipakai jadi patokan akan jadi seberapa sukses seseorang itu..
    ayo gue dukung klo mo ambil S1, mumpung masih semangad.. sekalin lanjut S2.. sukses yaaa…

    yg ngomong org yg S1, tp skrg milih uwel2 fondant dan ngadonin tepung & telor..

    Reply
    • 26. luvly7  |  October 19, 2009 at 03:19

      Haaa? masak ya Peg? Apa nyangkut di spam kali yaaa???

      Wakakaka, S1 oke laaah, tapi S2 kyknya jauuuh deeeeh!!!
      Ini aja sebenernya udah males lagi belajar teori2 … cuman, karena kudu harus dan mesti, mo gag mo nih Peg ….

      *eh, at least elu masiy kerja cari duwit, dibanding banyak org yang cuman bisa ongkang2 kaki dan nadah duit ke ortu kelar wisuda ;)*

      Reply
  • 27. Anung  |  October 19, 2009 at 09:08

    Tante, sekarang bisa loh. dr D3 langsung S2.. 🙂 Tapi di Singapore sih kalo ga salah.. cuma mungkin bisa search jg di indo ya hehehe..

    Tante ollal hebat pisan ya.. bisa biaayain dede2nya pula 🙂

    Reply
  • 28. luvly7  |  October 19, 2009 at 09:11

    Oya Nung?? Trus, udah ada contoh orangnya blom tuh??
    hehehehhe …
    S2 pasti belajarnya lebih gila2an yaa??
    hmmm, ada beasiswa buat orang2 keren juga gag Nung??
    *teteeeep*

    Reply
  • 29. Tanu  |  October 19, 2009 at 12:33

    Jadi kerasan jalan2 di blog ini deh.. Selangkah lebih kenal lagi dgn istri sobat ku…

    Reply
    • 30. luvly7  |  October 20, 2009 at 00:18

      Ooooh … ini teh’ Tanu yang ituuuuuu tooh 🙂
      Kirain sapaaaa 🙂
      Hehehehe, jadi maluw dakuh 😉
      sering2 mampir yaaa … elu juga ngeblog ya Nu?
      ntar gue mampir2 deeh 😀

      Reply
  • 31. celline  |  October 21, 2009 at 05:46

    dari dulu gue tau kl lu tuh hebat… lu tuh kalo ada maunya pasti d harus.. ayo wujudin by… kaya wen aja kul di sabtu dan minggu cepet juga kok dan ng mahal. kalo aku sih soal gelar emang penting dan aku udah ngerasain kerja sesuai bidang ilmuku tapi skrg aku seneng dengan eo ku jadi y gelarku bukan ng kepake tapi di beda kerja aja. disini aku dapat point juga dengan S1 ku…
    sukses y

    Reply
    • 32. luvly7  |  October 21, 2009 at 07:30

      Iya San … masih ngumpulin keberanian sama duitnya nih … niat sih udah ada dari taon lalu … hehehehhehehe

      doain yaa 😉 thanks sis!!

      Reply
      • 33. celline  |  October 23, 2009 at 04:48

        pasti di doain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Luvly7 ….

Cewek Keren Sedunia is her middle name ... Love travelling ,make friends, watch movie and sleep! Really wanna be slim without stop eating :) Be a famous TV presenter & MC is one of her biggest dream, and hopefully she still can reach it !!! You go girl !!

Oldies

Visitors

  • 442,971 clicks

RSS Blogger’s update

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Recent Posts


%d bloggers like this: