Si Emergency Nanny

November 19, 2009 at 12:42 13 comments

Gag seperti biasanya, wiken lalu ogut bisa leyeh2 dirumah sambil nonton TV. Biasa2nya kan kalo wiken ogut pasti ada diluar rumah. Entah kelayapan di gereja sambil latihan singer buat pelayanan minggunya or main ke mana2 bareng temen or anak2.

Nah, pas banget lagi maenan remote, pas ketemu sama program Nanny 911 di Metro TV. Penasaran pengen tau, gimana siy acara ini. Soale sering denger temen2 cerita, tapi blom kesampean mo nonton sendiri dari awal sampe abis.

Dikisahkan sebuah keluarga yang isinya papa-mama dan 2 anak kembar cewek dan cowok yang umurnya 4.5 tahun. Beberapa problem yang mereka hadapi antara lain :

  • Anak2 sering berteriak2 histeris kalo pengen sesuatu or gag mau sama sesuatu
  • anak2 terlalu addict sama permen, coklat dan segala yang manis2
  • anak2 tidak suka makan makanan malam yang sehat
  • anak2 tidak dekat dengan papanya

Dan beberapa masalah lain yang kurang lebih bikin si mama & papa stress sendiri. Keliatan banget kalo 2 anak itu sama sekali tidak mandiri untuk ukuran anak bule seusia mereka. Yang cowok bahkan masiy pup di celana, dan sepertinya belum mau toilet training.

Si mama merasa kewalahan, karena harus mengurus rumah, anak2 dan segala sesuatunya sendiri. Mulai dari berbelanja, masak, memandikan anak, dan lain sebagainya. Si suami terkesan tidak mau ambil bagian dalam pekerjaan rumah tangga dan ikut ambil bagian dalam mengurus anak.

Akhirnya mereka meminta bantuan ke Nanny 911!

Di hari pertama si Nanny ini dateng, dia bawa note book kecil dan mencatat semua kegiatan serta detail yang harus diperbaiki. Dalam waktu singkat, si Nanny udah berapa kali geleng2 kepala melihat kekacauan didalam rumah mungil keluarga kecil ini. Anak2 yang sulit diatur, orangtua yang kerap berteriak-teriak histeris disusul anak2 yang kemudian menangis tak kalah histerisnya. “Hffff … rumah ini penuh dengan teriakan!!” Kesan awal si nanny 🙂

Setelah mencatat ini dan itu, nanny kemudian duduk bareng si mama dan papa, sambil mendiskusikan apa yang terjadi didalam rumah tangga keluarga itu. Dan ditemukan bahwa penyebab kekacauan itu, hampir semuanya bersumber dari si MAMA yang kurang lebih salah menerapkan pola asuh dan pola pembagian tugas dengan si PAPA.

Seringkali anak2 yang menangis sambil teriak2 ” I want my mommy ….  mommy …. ”  pas dimandiin papanya, dan akhirnya mamanya dateng menyelesaikan tugas memandikan anak2. Si papa sampe bingung mo ngerjain apa, karena sepertinya tidak ada tugas yang dipercayakan si mama ke papa. Anak2 kerap menangis histeris kalo si mama pas mo pergi berbelanja or keluar rumah. Semuanya berteriak minta ikut.

Nanny akhirnya memberikan beberapa solusi, antara lain :

  1. Anak2 diajar untuk makan makanan yang sehat. Mereka diberi gambar segitiga makanan sehat, dan diberi pengertian buat banyak makan buah dan sayur karena memang itu yang terbaik buat pertumbuhan mereka. Gula, permen, coklat sama sekali tidak disarankan untuk diberikan terlalu sering. Mereka diajar untuk mengenal berbagai jenis makanan, instead of selalu menolak makanan baru dan membuat keluarga tersebut terpaksa memasak 2X makanan berbeda untuk menu anak dan orangtua. Mereka diajar untuk makan duduk di kursi masing, dengan piring masing2, bukan duduk dipangku dan disuapi oleh orangtua mereka seperti biasanya. Mereka yang merajuk dan menolak makan harus diacuhkan, jangan sampai si anak merasa, dengan menangis dan berteriak, dia akan selalu mendapatkan apa yang dia inginkan. Orangtua juga diajar untuk tidak memberi reward untuk anak yang berlaku tidak baik, misalnya, si anak perempuan yang merajuk karena dia tidak suka sama sayuran di piringnya harus diacuhkan, sementara si anak laki2 yang mau belajar makan menu barunya diberi pujian. Dengan demikian, lama kelamaan si anak akan tau, dengan merajuk dan menangis dia tidak akan mendapatkan apa yang dia inginkan.
  2. Anak2 diajar untuk punya jadwal yang bervariasi setiap harinya. Mulai dari bangun tidur, sarapan, main, nonton tivi, berekreasi, dan mungkin juga belajar buat anak2 yang sudah mulai sekolah. Tadinya mereka sama sekali tidak punya jadwal harian yang disusun baik dan rapi. Sehingga, sering mereka bangun siang dan malamnya malah susah tidur.
  3. Anak2 diajar untuk tidur di bed mereka masing2. Bukannya malah tidur bareng2 dan jadinya malah bercanda, main, lompat2 dan saling mengganggu di jam tidur.
  4. Orangtua berbagi tugas satu sama lain. Kadang2 anak pergi belanja sama papanya, or main sama si papa kalo pas mama lagi belanja. Pas mama mo pamitan, gag usah terlalu di dramatisir, mendingan, alihkan perhatian anak2 dengan main bareng si papa dulu, sambil mama pamit pergi dengan sekilas. Maksudnya, gag usahlah si mama sampe bilang mama pergi sampe yang gimana2 gitu, yang ada, anak2 malah jadi pgn ngintilin si mama terus2an.
  5. Tugas yang dimulai seseorang harus juga diselesaikan. Maksudnya, kalo papa yang mandiin anak2, berarti dia harus mandiin anak2 sampe selesai. Mama harus belajar percaya, kalo anak2 mandi dengan papanya juga bisa sama bersihnya sama mandi sama mamanya.

Di akhir acara, anak2 dan orangtua bisa sama2 tersenyum. Si nanny juga gag kalah tersenyumnya melihat keluarga kecil tersebut sudah bisa menjalankan aktivitas mereka dengan baik dan tidak ada teriakan2 yang malah bikin stress semua orang lagi. Si anak yang belum berani pup ke toilet diajar toilet training pelan2. Akhirnya, di akhir acara si anak sudah bisa ke toilet sendiri, gag ditungguin, gag dibersihin ortunya. Anak diajar mandiri, biar mereka juga belajar apa yang seharusnya mereka pelajari di umur2 mereka.

Ogut liat2, acara ini bagus banget looh. Banyak orangtua yang belom ngerti, gimana seharusnya mendidik anak2 mereka dengan baik. Banyak diantara kita yang hanya mengikuti pola didikan dari orangtua kita dulu, yang belum tentu benar semuanya. Banyak juga istri2 yang mengeluh, suami tidak pernah mau ikut membantu menjaga anak2, padahal  …. kalo pas si suami yang jaga, kita selalu khawatir ini dan itu seolah2 anak kita tidak pernah aman dan terawat bersama papanya sendiri.

Kemaren ogut juga denger dari temen ogut yang punya anak umur 2 tahun lebih. Dia bilang, anaknya gag pernah bisa ikut papanya seharian. Pasti anaknya nangis or gag comfort. Kalo gag sama suster, ya sama mamanya lah …. Loh???? Gimana kalo pas mama sakit dan suster gag ada?? Gimana kalo pas mamanya ada urusan dan cuma ada papa dirumah??

Ogut sendiri, dari jaman baru punya anak 1 dulu, udah minta si Daniel ikutan berperan sebagai orang tua. Dari umur 2 bulan, ogut ajarin Daniel buat mandiin anaknya. Pelan2, tapi pasti bisa. Sesekali juga ogut lepasin anak2 jalan sama papanya. Dari pagi sampe malem, diurus papanya dan ogut sama sekali gag ikut campur. Wakakakka… lucuuu … seruuuu.

Para papa sering mengeluh kewalahan kalo pegang anak2. Gag kyk mama yang punya tangan 10 dan mata 12. Gag kyk mama yang bisa masak sambil nelpon dan beresin mainan anak2 dalam waktu bersamaan. Tapi, kalo gag dicoba, selamanya anak2 akan cuma nempel sama mamanya kan?? Padahal, jaman sekarang bukan cuma papa yang bekerja. Sering mama yang dikasih rejeki buat kerja kantoran, while papa punya usaha yang bisa dikerjain dari rumah. Gada salahnya juga koq kalo papa yang jadi papa rumah tangga.  Hehehehhe

Emang rada susah siiih menerapkan peraturan ini dan itu serta membagi tugas antara mama dan papa, apalagi di keluarga Indonesia yang rata2 banyak dipengaruhi intervensi dari sana dan sini. Dari om tante, nenek, mertua, sampe tetangga yang suka ikut2an campur urusan keluarga inti. Tapi, gag ada salahnya koq kita mulai mencoba didikan serta peraturan baik yang simple2 🙂

Ogut pengen sering2 aah nonton acara nanny 911 ini, biar bisa banyak dapet ilmu how to manage anak2 dan keluarga.

Ayoooo … mommy2 yang masiy suka meragukan kemampuan suamimu, cobaa mulai ditest deh. Satu hari, minta ijin buat me time, sementara anak2 dititip ke papanya. Mungkin buat awal2, semua perlengkapan makanan, susu, baju dll, bisa kita siapin dulu. Lama2, si papa bisa juga jadi AYAH beneran looh 😉

Jangan sampe ah kita kudu telpon 911 buat panggil si nanny ini … hehhehehe 🙂

Advertisements

Entry filed under: Uncategorized.

Safety Message from cks ;) Busy days!

13 Comments Add your own

  • 1. natali  |  November 19, 2009 at 13:51

    iya gua jg sering denger acara ini, tp blon smpet kesampean nonton sendiri..
    itu ada dvdnya ya?

    kalo di acara tipi, channel apa ya peb?

    Reply
  • 2. limmy mama radhika dan rania  |  November 19, 2009 at 14:16

    kalo menurut gue. masijh bagusan supernanny si jo.

    nat, acaranya di metrotv. kalo ga salah setiap sabtu minggu sekitar jam 4 sore.

    Reply
  • 3. arman  |  November 19, 2009 at 16:47

    sebenernya inti2nya sih kita udah tau ya… tapi implementasinya yang susah ya feb. hehehe.

    kayak tentang makan, si andrew juga picky nih. tapi kita gak tega lah kalo dia gak mau makan. huahahaha. waktu itu kita pernah terapin, dia harus makan sendiri gak boleh disuapin. kalo belum abis makannya gak boleh pergi dari meja makan. sampe 1 jam ya kita tungguin.

    tapi trus udah berapa hari akhirnya gak tega juga. kalo dia udah males makan, kita suapin juga. kaco ya… hahahaha.

    Reply
  • 4. y3nn1  |  November 20, 2009 at 01:44

    Gw penggemar berat acara ini (while hubby paling pusing kalo gw dah stell channel buat nonton nanny 911). Meskipun blon punya anak tapi ini bisa dijadikan pegangan ilmu buat ngurus anak kelak. Misalnya nih yang paling simple dan sulit dilakukan, ga boleh pake acara bentak2 dan teriak2 soalnya anak pasti akan belajar seperti itu juga. Jadi kalo ada apa2 musti ngomong baik2, sejajarkan posisi tubuh dengan anak, tatap matanya baru ngomong. Moga2 kelak gw bisa jadi mama yang baik buat anak2 gw.

    Reply
  • 5. Mei Mei  |  November 20, 2009 at 06:19

    pengen nonton ini juga dari dulu feb. tapi ga tau di siarin di mana secara gue jarank banget nonton tv 😛

    Reply
  • 6. Pucca  |  November 21, 2009 at 07:19

    gua pernah nonton tapi gak rutin abis biasanya gua jadi mabok liat anak2 berkeliaran dan tereak2 hehe…

    emang sebenernya teori mah semua orang tau, tapi jarang yang bisa mempraktekkannya 🙂

    Reply
  • 7. naki  |  November 24, 2009 at 06:14

    gw perna nonton yang episode : anak2nya suka mukulin emaknya , dan bokapnya malah ketawa2 ngeliatnya . parah benerrr 😐

    tapi seteleh dibimbing sama si nanny , akhirnya anak2nya jadi respect ma sang mama , dan sang papa juga ga ngeremehin istrinya sendiri

    Reply
  • 8. celline  |  November 25, 2009 at 04:37

    aku dulu masih suka ngikutin tapi belakangan udah ng krn suka diulang dan sibuk…. untung kl aku sion papa yang ok tapi tetep kl kelamaan dia akan telp dan minta aku pulang walau bgmn sarah tetep nyari aku kl udah pergi seharian, sempet takut wkt sion berangkat kmrn takut sarah kehilangan tapi ng terjadi senengnya. jadi kita emang hrs sama2 bagi kerjaan y

    Reply
  • 9. th3sea  |  November 25, 2009 at 12:28

    kok mirip2 sama nanny mc. phee ya… cuma nanny mc. phee pake magic2an 🙂

    Reply
  • 10. Sylvia, Jake and Matt  |  November 27, 2009 at 18:46

    Belum pernah nonton tuh, b iasa di rumah kalau ada waktu nontonnya berita melulu sih

    Reply
  • 11. bandit  |  November 30, 2009 at 05:05

    hehehe dulu sering nonton acara ini…

    *ikut”an gaa-gara temen saya maksain nonton… katanya buat pelajaran nanti buat ngejagain 7 ekor eh 7 anak kami.. hahahahahah

    Reply
  • 12. Maya  |  December 1, 2009 at 04:07

    my fave TV show..hehe..banyak loh pelajaran yg gw ambil dr situ buat asuh se eneng…dan beneran sukses..hehe

    Olive mah emank paling nempel ama daddy na deh…kl ada daddy..mommy mah lewat ..hehehe..

    Reply
  • 13. Fun  |  December 3, 2009 at 07:23

    gw juga demen nonton nanny… lucu.terus kadang geleng2 juga, anak bule ternyata parah2 juga yak hehehe 🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Luvly7 ….

Cewek Keren Sedunia is her middle name ... Love travelling ,make friends, watch movie and sleep! Really wanna be slim without stop eating :) Be a famous TV presenter & MC is one of her biggest dream, and hopefully she still can reach it !!! You go girl !!

Oldies

Visitors

  • 447,338 clicks

RSS Blogger’s update

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Recent Posts


%d bloggers like this: