Senior Citizen

March 23, 2010 at 02:37 14 comments

Mulai Senin kemaren, ogut kembali ngurusin trainingnya engineer,  seperti waktu2 sebelumnya. Kesibukannya, mulai dari nyiapin ini itu buat kedatangan si trainer, visa things, akomodasi, kyk hotel dan driver. Juga harus nge-booking room buat training itu sendiri, jauh-jauh hari sebelumnya, supaya gag keduluan departemen lain. Kalo pas ruangan di kantor penuh, biasa training diadakan di luar kantor. Biasanya sih di function room di salah satu hotel gitu. 

Enaknya training di hotel, ogut gag usah pusing mikirin menu lunch dan coffee break selama training. Hotel biasanya udah punya paket sendiri, tinggal di pilah-pilih dan ogut bisa ongkang2 kaki selama training berlangsung. Udah ada juga waiter yang ngurusin kalo air minum kurang, snack pasti tersedia pas jam yang diperlukan. Kalo training di kantor, mayan busy juga mikirin menu selama training. Belum lagi kudu make sure, makanan yang kita pesen sampe di kantor pas jam yang diminta. Untung ada beberapa office boy yang bisa diandalkan buat membantu menyiapkan makanan2 ini.

Kelar urusan trainer dan thingsnya, ogut juga ngurusin keperluan di kelas, kyk make sure infocus & compie berfungsi, make sure segala kebutuhan yang di request trainer ada, flip chart, notes & alat2 tulis, sampe ke ngurusin bahan2 materi training. Kebanyakan trainer dari luar, akan mengirim materi training beberapa minggu sebelumnya, via Fed*x or D*L. Ntar sampe sini, ogut tinggal sortir dan bagi2 buat class participant. Ada juga yang cuma mengirim master bahan training, buat kemudian diperbanyak dan dibikin buku disini. Yaa, kira2 mirip kerjaan EO gitu deeh … kerjaannya melulu soal details dan things ini itu.

Training kali ini judulnya Completion & Workover course. Trainernya import dari Houston, dan participantnya 25 engineers. Kalau biasanya participant paling2 cuman 10 – 15 orang, kali ini ruangan trainingnya full house 🙂

Sesuatu yang special dari training ini adalah, si trainer yang sudah sangat senior. Biasanya trainer yang direkomen dari Houston, memang mereka yang udah kaya pengalaman. Dan biasanya, usia mereka antara 40 – 50 tahunan gitu.

Nah … kali ini, ogut rada surprised waktu ngeliat tahun lahir si trainer di passport, pas lagi mo nyiapin business invitation buat visa letter si trainer. Tahun lahirnya 1927. Koq kyaknya cuman beda setaon dua taon sama tahun lahir nenek ogut yaa?? Ogut inget karena beberapa kali ngebooking-in tiket air asia buat nenek ogut, yang otomatis kudu masukin tanggal lahir pan?!

Penasaran ogut ambil kalkulator, sapa tau ogut salah inget. 2010 – 1927 = 83 … jeng jeng jeng jeng!!!

Hahahhahaa … langsung lapor ke boss ogut : “Pak, the trainer is veeeery old!!!”  Babe ogut juga mungkin gag ngeh sama umur si trainer, secaraaa, doi baru berusia early 30 juga gitu … Jadi mungkin yang ada di pikiran dia waktu ogut nyebut : very old, = antara 60 an mendekati 70 gitu. Ternyata doi juga kaget waktu ogut sebutin umur si trainer … hahahahahhaa …

Ogut langsung kasih note ke hotel & driver yang akan menghandle si trainer ini. Ogut inget2, nenek ogut umur 86 tuh udah rada pikun & pendengaran juga terganggu. Kudu rada kenceng kalo ngomong sama doi. Sambil mengira2, segagah apa yaaa si trainer yang 83 tahun ini??

After dapet khabar kalo tamu selesai di hand over dari immigration agent ogut, hari Sabtu sore, ogut telponin HP loaner (kita biasanya kasih pinjem HP selama tamu di Jkt, maksudnya, biar kita mudah menghubungin beliau), gag dijawab2. Bisa jadi, beliau masih istirahat karena letih setelah perjalanan jauh.

Hari Minggu sore, ogut telponin, koq HPnya blom nyala yaa??! Akhirnya, ogut telponin ke kamar hotel, karena pengen tau gimana keadaan si bapak ini. Ternyata beliau ada, dan everything just fine. HP blom nyala karena beliau dunno how to turn it on … hahahhaha 🙂

Senin pagi, ruangan ok, breakfast pagi ready, bahan2 & alat2 tulis + note book udah di meja masing2 peserta, tinggal jemput si trainer. Bayangan ogut adalah, seorang laki2 tua yang tinggi besar, jalan masih gagah walaupun sudah renta dan jalannya pelan2.  

Ternyata, yang dateng adalah, seorang laki2 tua, jalan bungkuk tertatih pelan-pelan banget, dengan tongkatnya, kacamatanya sebelah hitam, sebelah bening (nenek ogut juga pake kacamata yang mirip, tapi model kiri-kanan-nya sama, dengan bagian atas berwarna hitam dan setengah bagian bawah bening seperti kacamata biasa. Mungkin ini typical kacamata yang lazim digunakan orang2 tua kali ya?!). Langsung serah terima tas kecil yang dibawain sama driver, sambil berkenalan sama si trainer. Tiap kali ngomong, doi keep saying excuse me, sambil nyuruh ogut ngomong pelan2 dan kencengan …

Ealaaah, ternyata ada satu lagi yang ogut baru notice waktu ogut berjalan disisi si opa ini. Kedua telinga opa trainer ini ada alat yang menyerupai alat bantu dengar. Lengkaplah sudah!!! Hahahhahahaha

Sambil terenyuh, ogut kagum sama trainer ini. While nenek ogut dirumah cuman tinggal makan, tidur, baca koran, nonton dan tidur lagi, trainer ini masih bisa berkarya di usianya yang setua itu. Dia masih bisa menghasilkan uang, masih produktif dan masih dibutuhkan. Dia masih mau membagi ilmunya dengan orang-orang yang mungkin usianya baru seperempat usianya sendiri. Hebat!!!!

Trus, ogut juga mikir, koq yaa setua itu gag ada yang nemenin yaa?? Mbok yaa, orang seumur gitu, jangan dibiarin jalan kemana2 sendirian yaa … mestinya ada anak atau cucunya yang bisa menemani beliau travelling bagi2 ilmu kemana2. Mungkin selain buat penjaga, si trainer juga bisa terbantu apabila beliau lagi capek or butuh assisten 😦 Ogut aja gag berani ninggalin nenek ogut sendirian dirumah, takut jatoh or kenapa … lah ini, koq yaa dilepas pergi2 ke negara orang sendirian??!!!

Dibalik kekaguman ogut akan ketangguhannya, dibalik protes anak2 yang ikut training karena sulit sekali berkomunikasi sama si trainer coz’ keterbatasan pendengarannya *pertanyaan yang dilontarkan jadinya gag nyambung, secara doi gag kedengeran, or kudu ke depan buat bertanya nempel ke kupingnya langsung kalo mo pertanyaan kita nyampe ke doi’*, ditengah ketakutan ogut akan keringkihannya, bersyukurlah, karena kita masih bisa mendapat ilmu dari seorang expert senior!!!

Satu kata buat Pak Jim Rike : Salut!!!

Advertisements

Entry filed under: Uncategorized.

Watta nightmare!! My hair style updates

14 Comments Add your own

  • 1. y3nn1  |  March 23, 2010 at 04:20

    Hebat yah si Bapak..udah tua tetap bersemangat ngajar.

    Reply
    • 2. luvly7  |  March 23, 2010 at 05:59

      yep, he is very hebat YeN!

      Reply
  • 3. angel  |  March 23, 2010 at 04:26

    gile hebat bener ya umur segitu masih kerja, travelliing jauh lagi.sendirian lagi yah. mungkin emang begitulah org2 western la, mereka cenderung lbh mandiri.ya kan budaya mereka umur 17th (atau brp ya) uda dianggap gede dan bole keluar dr rumah jadinya udah tua jg mandiri ga tergantung anak lagi.

    Reply
    • 4. luvly7  |  March 23, 2010 at 06:00

      ember!! beda sama orng asia yang kebiasaanya rada manja ya Lil …

      Reply
  • 5. elsiey  |  March 23, 2010 at 05:09

    busett… 83 cui. Puji Tuhan dah gue kalo umur 83 gue masih bisa kelayapan ke negara orang.

    Reply
    • 6. luvly7  |  March 23, 2010 at 06:00

      hahahhahaha … kira2 muka elu kalo udah 83 kek gimana ya Siey??

      Reply
  • 7. Pucca  |  March 23, 2010 at 05:35

    gila ya.. udah 83 taon masih bisa jadi trainer.. hebat euy hihihi.. udah merasakan jaman apa aja yah dia.. semuanya dia ngalamin kali ya hehe..

    Reply
    • 8. luvly7  |  March 23, 2010 at 06:01

      yang hebat, ingetannya masih afdol loh Vi!! Otaknya masih kenceng karena sering dipake kali yaa :p

      Reply
  • 9. arman  |  March 23, 2010 at 17:55

    iya gua suka salut ama bule2 yang tua2. mereka tuh masih produktif banget ya. mungkin anaknya sebenernya juga udah mapan dan bisa bayarin ortunya, tapi mereka nya yang emang masih suka kerja, masih pengen aktif selama masih bisa. itu yang gua salut. semangatnya itu lho!

    Reply
    • 10. luvly7  |  March 24, 2010 at 03:10

      Yoaaai Man … pengen banget kalo udah seumur mereka nanti gue bisa tetep berkarya kyk mereka 🙂

      Reply
  • 11. selvi  |  March 24, 2010 at 06:34

    setau gua orang tua umur diatas 70 tahun naik pesawat tarifnya diskon 70%.

    umur 83 tahun masih bisa kasih training, hebat! salut.

    btw, gua juga suka training di hotel. suka nungguin kapan tea break dan lunchnya doang. hahaha

    Reply
  • 12. ykarnain  |  March 25, 2010 at 04:28

    Say, lu di PSC juga yah? Sama dong kaya gw.. cuma kita mengurus bangsa yg berbeda. haha

    Reply
    • 13. luvly7  |  March 25, 2010 at 04:36

      hehehhe, iya … Elu dimana? E*i bukan?

      Reply
      • 14. ykarnain  |  March 25, 2010 at 07:43

        haha.. bukan. nama company kita mirip kok. hayoo tebak lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Luvly7 ….

Cewek Keren Sedunia is her middle name ... Love travelling ,make friends, watch movie and sleep! Really wanna be slim without stop eating :) Be a famous TV presenter & MC is one of her biggest dream, and hopefully she still can reach it !!! You go girl !!

Oldies

Visitors

  • 442,971 clicks

RSS Blogger’s update

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Recent Posts


%d bloggers like this: