Green Green Green ;)

May 4, 2010 at 08:56 27 comments

Belakangan ini, di kantor ogut lagi rame2nya kampanye soal green things. Dari mulai brochure2 yang dipasang di dinding, workshop soal green things yang menghadirkan beberapa aktivis green, sampe ke pemilihan Green Fun Fearless Female, pemenang dipilih berdasarkan siapa yang paling inspirational dalam hal usaha menyelamatkan lingkungan 🙂 

Ogut sendiri, duluuu udah pernah ngomongin hal ini di sini. Tapi pengen ngulik lagi, based on apa aja yang ogut udah bisa lakukan buat membantu menyelamatkan bumi, taelaaaaaa, berat amat siy bahasanyaa??!!!

Soal kantong plastik belanjaan, sekarang kalo belanjaan ogut bisa digabung ke barang yang lain, ogut suka balikin ke tokonya kantong plastik kecil2 yang mereka pake buat ngebungkus belanjaan ogut. Or misalnya, kalo ogut ke supermarket, beli aqua dan permen, aqua bs langsung dipegang or diminum dan permen masuk ke tas tangan. Kantongnya balikin lagi deeh 🙂 

Soal listrik di rumah, sekarang TV jaraaang banget ogut biarin di posisi stand by. Biasanya, kalo liat papie or yang lain memposisikan TV tetep standby, ogut langsung ngomel2 matiin TVnya total. Kadang, rada susah mensosialisasikan soal2 seperti ini ke orang tua di rumah, apalagi yang jarang2 tau dan peduli soal tambah panasnya bumi kita 😦  Begitu juga, soal lampu yang gag kepake. Kalo gag butuh lampu, jarang2 nyalain lampu sampe double2, apalagi siang2 terang gitu. Kalo soal ini kan mayan yaa, hemat energi, hemat biaya … bisa buat hemat biaya listrik juga 🙂

Soal tissue, naaah!! Ini yang susah  😦 Secara ogut tuh type orang yang demeen banget ngelap2 pake tissue. Enak, bisa langsung buang! Blom lagi kalo ngelap pake tissue, maunya tissuenya banyak. Ngelap tangan kek, ngelap meja keq, or sekedar ngelap botol, piring or gelas, tetep tissue andalannya. Blom lagi, ngelap aer tumpah di lantai, ngelap rak berdebu, apa juga ogut demen deh maenan tissue. Kalo ke toilet juga, gag bisa pake tissue cuman 1 or 2 garis doang (tissue gulung kan pake garis2 tuh yaaa??!) Maunya kudu narik panjang2 … sampe segumpel di tangan. Doooh, gimanaaa mo hemat dan ramah lingkungan cobaa??

Trus, atu lagi niih, soal pembalut & panty liner … Kalo kemaren denger dari Mei2 kalo pampers itu sangat tidak ramah lingkungan, susah diuraikan dll, apa khabar sama pembalut yaa?? Blom lagi, ogut kalo pake pembalut demennya yang gede dan panjang … kadang, isinya blom banyak juga udah maen ganti *wakakakaka, maap yaaa pria2,  bahasannya jadi agak2 vulgar mengarah ke jijay :p* Panty liner juga gitu tuh … sebenernya siy jaman dulu pan kagak penting gitu2an … banyak2in sampah aja pan?? Coba, sekarang kalo gag pake panty liner tuh rasanya agak2 gimanaa gitu …

Apalagi yaaaa??

Oiyaaa, soal detergent sama air juga ogut blom bisa membantu. Membantu merusak iya … abisan, blom bisa tuh ogut suruh mandi pake aer dikit. Maunya mandi berlama2 … sabunan teteep kudu 2-3 kali … Tapi biasanya kalo udah mandi lama gitu, ogut mandinya gag sering2 kooq … alias, biasanya mandi 1x aja sehari … hahahhahaha 🙂 Biasa pulang ngegym, mandi bersih, trus pulang kerumah tinggal bobok, pake ac dan gag keringetan. Bobo jam 12, jam 5an udah bangun lagi. Masih bersih pan?? Lah, kalo blom keringetan dan blom kotor lagi, ngapain kudu mandi lagi ga?? Wakakakaka, dasaaar jorok!!!

Soal sabun juga tuh, kalo nyuci piring or tangan, pasti sabunnya kudu pencet banyak2. Gag tau kenapa, sugesti or what, tapi yang jelas, ogut sering diomelin mamie kalo nyuci piring … mamie bilang boros aer sama boros sabun :p hehehehheee

Masiy sukaaa banget minum air mineral kemasan. Padahal beli botol minum udah banyak juga. Kayaknya kalo pake botol minum, rada ribet bawa2nya kalo aernya abis. While, kalo pake botol pan tinggal buang tuh!

Suka sebel sama kertas2 sampah hasil print out toll or bon2 toko gitu. Kadang2 isinya suka gag penting. Mestinya bisa ada pilihan, mau di print out or gag, kyk di ATM. Tapi kebanyakan malah jadi sampah gag jelas.

Kadang2, ogut pikir, pemerintah kita sama sekali gag peduli sama masalah sampah2 ini. Buktinya, mereka gag ambil tindakan tegas soal ini. Denger cerita dari boss baru ogut, di Norway, setiap rumah kudu wajib punya 4 tong sampah. Bukan cuman sekedar 2 kayak di beberapa tempat, yang misahin sampah basah dan sampah kering, tapi 4 … gag ngerti tuh pembagiannya sampah apa aja.

Salut sama usaha beberapa provider telekomunikasi dan bank yang sudah menyediakan fasilitas e-biling, alias billing yang dikirim lewat internet. Lumayan buat mengurangi sampah kertas pan tuuuh?? Soale, tau sendiri, bill promo dan macem2 yang suka kita terima tiap bulan, biasanya bikin gunungan sampah pan?

Oya, kemaren juga ogut baca, ada orang yang sengaja mengumpulkan amplop2 bekas kiriman dari bank dll, buat di berikan kepada tempat pengolahan yang membutuhkan. Juga banyak pengusaha home industri yang mengolah plastik bungkusan bekas detergent, cairan pewangi pakaian dll, untuk dijadikan kantong2 belanja. Mayaan kreatip 😉

Kalo kalian, apa usaha kalian dalam membantu menyelamatkan or malah menghancurkan dunia?? Udah cukup sadar lingkungankah orang2 sekolahan seperti kita???

Entry filed under: Uncategorized.

Timothy Hanzell is now 6 years old boy :) Welcoming Baby Ziel’

27 Comments Add your own

  • 1. bulanredup  |  May 4, 2010 at 09:33

    Kalo listrik dari dulu dah sering nyap2 say… Udah kebiasaan gak demen lampu ato tv nyala sia2. Tissue juga jarang pake, banyakan lap pake baju…wkkwkwk… Pake kertas di kantor selalu bolak-balik supaya irit biaya stationery. Apalagi ya? Kantong plastik masih pake sih soalnya di rumah perlu buat tempat sampah. Air, gw dah mandi pake shower en mandinya cepet jadi udah irit. Coba deh elu biasain ngelap pake baju, selama bajunya bukan warna putih gak keliatan kok :p

    Reply
    • 2. luvly7  |  May 11, 2010 at 01:24

      Lap pake baju tuh maksudnya baju bekas pake apa gimana Yen??
      Waaah, elu termasuk yang sayang lingkungan niih … nilainya 7 🙂

      Reply
  • 3. Pucca  |  May 4, 2010 at 09:52

    1. gua gak nyalain lampu kalo ada orang, alias rumah gua itu yang terang di kamar doank hehehe..
    2. trus dispenser gak gua colokin, karna gua gak minum aer dingin, kalaupun mau toh ada kulkas jadi gua ada botol aer dingin di sana, kalo aer panas pakenya jaraaaaang mending masak aja deh kalo butuh..
    3. pake tissue gua batesin cuma 5 garis, tapi pada dasarnya gua sering pilek jadi total2 sehari gua banyak juga pakenya huehehe..
    4. cuci tangan gak sering2 abis di kantor dingin euy…
    5. kalo aer mineral gua jarang beli botolan, seringnya bawa or beli di resto kalo haus pas jalan2..
    6. kalo kantong plastik nyerah deh gua, gua tetep ambil soale gua pake buat tempat sampah..
    7. ac gua beli yang low watt walaupun harganya lebih mahal…
    8. kertas di kantor gua jarang buang kalo pakenya baru dikit, gua kumpulin kalo masih bisa kepake buat coret2..
    9. oiya satu lagi gua kalo ke tolet gak flush sering2, abis kencing ya flush sekali aja, itu hemat aer kan? 😀

    Reply
    • 4. luvly7  |  May 11, 2010 at 01:25

      Buat point nomor 2, gimana kalo dispenser elu tukeran sama kendi aqua gue?? hahahhahahahaa

      gimana kalo pilek, pake tangan & aer wastafel, jadi gag perlu buang sampah tissue??

      setuju buat point AC yang low watt …

      Nilai elu buat usaha sayang lingkungannya 7 ya Viol 😉

      Reply
  • 5. Mr. E  |  May 4, 2010 at 10:18

    Fab, kalo gw gak salah ya. sepertinya kalo sering on/off gitu malah nyedot listriknya lebih gede deh.

    kan kalo nyalain tv pertama kali (totally OFF ke ON), kerasa gak ada something kaya listrik kesedot gitu? gmn jelasinnya ya, haha. tp kebyaang kan maksud gw?
    kl gw bilang sih, lebih earth-friendly itu kalo cuma di standby deh. palagi tv2 sekarang, emang udah ada feature low-powernya kalo cm di-standby. drpd tiap setengah/satu jam nyala-matiin dr powernya itu.

    sama kan kl prtama kali nyalain AC, seolah2 lampu rumah kita ‘redup’ sebentar? nah itu karena daya yg kesedot prtama kali banyak. jd kl on/off AC sring, itu malah jadi lebih boros (our earth (and our pocket haha)

    kalo masalah lampu, klik on/off sring2 malah memperpendek umur lampu loh. kan filamennya (ato apa itu namanya deh, yg di dalem lampu) jd sring ke on-off-on-off gitu. jd lebih wise dinyalain terus (in terms of lampunya).
    tp in terms of biaya listrik, ya betul sih, mending dimatiin kl gak dipake. :p

    go green !!

    Reply
    • 6. luvly7  |  May 11, 2010 at 01:28

      Masak siy Win? Itu yang gue denger dari kampanye belakangan ini, kalo soal listrik, biasain cabut sampe kabel2nya, bukan cuman di stand by-in. Tapi ntar gue coba browse2 lagi deh … sapa tau elu bener, kalo soal gini2, emang cowok pan lebih ngatri yaaa 😉 hahahhahaa

      Kalo soal AC gue tau, kalo nyala pertama nyedotnya gede, tapi soal TV yang mati nyala, gue suka LUPA ngeh :p

      Jadi, share dari pengalaman elu buat go green apa nih?? Gue bingung atuh nilainya :p

      Reply
      • 7. Mr. E  |  May 11, 2010 at 07:24

        Oh, gw gak ngeh kl mo dinilai 😀

        Let me try:
        1. Hmm, kr gw ada bakat OCD *haha* biasanya sih kalo masalah mati2in lampu, komputer, tv, elektronik dll pasti beres ya.. Kecuali komputer di meja gw, mostly on..

        2. Printing. Gw slalu print preview dulu seblum ngeprint. Abis kadang ngeprint tp trnyt 1 lembar kertas kebuang buat info yg gak penting, berasa bete dan guilty, haha. Jadi kl gak perlu, gw gak print.

        3. Coret2/Catet2
        Selain itu juga, gw kl coret2 pasti cari kertas bekas print yang gak kepake lagi blakangnya. Lumayan sih, mengurangi rasa berdosa buang2 kertas.

        3. Kantong Plastik
        – Kalo bisa cuma pake 1 kantong plastik, gw pasti akan tolak kantong plastik yang kedua. Tapi di SG sini emang naturnya pelit2 sih, jadi yaaa mereka jg gak bakal cuek kasih banyakan kantong plastik sih.
        – Di sini juga, banyak tempat2 sampah go green, jadi di satu lokasi bisa ada bberapa macem (sampah beneran, plastik, kertas, kaleng, dll dll). Gw pasti pisah2in dulu sesuai jenis sampahnya.

        4. Air
        Hmm, kayanya gw berasa agak boros sih masalah air, haha. Tapi yang pasti, kalo lagi sabunan, gw pasti matiin shower dulu biar airnya gak ngucur useless. Kalo udah kelar dr kamar mandi, pasti gw cek itu keran dll n make sure gak ada yg netes *sekali lagi.. OCD.. haha*

        5. Tissue
        Gak terlalu boros kayanya sih, cukup reasonable lah n liat kebutuhan. Paling untuk lap2 meja kl kotor. Ato lap mulut abis makan? Kalo ada wastafel pasti gw gak pake tissue sih.

        6. AC
        Cuma nyalain AC sebelum tidur biar kamar adem, trus matiin. Kecuali hawa panas banget, ya biasanya cuma nyala 2jam trus udah sampe bangun gak nyala lagi.
        Kalo lagi hawa panas, dan lagi mo pewe di ruang tamu sambil nonton tv dll, ada kemungkinan juga sih nyalain AC. Tapi ya, gak bakal sampe jor2an sih.

        Gitu kayanya yang kepikiran..

  • 8. LiviaMiel  |  May 4, 2010 at 12:55

    gue br sampe pada pemakaian cloth diaper ke cewiww feb, itupun ga full day alias masih pake diaper biasa juga.. soal yg laen2, gue lom green T.T

    Reply
    • 9. luvly7  |  May 11, 2010 at 01:28

      Hehehehheehhe … mayan deh Lip, ada usahanya juga. Buat clothe diaper vs diaper, nilainya 6 deeeh 🙂

      Reply
  • 10. ameykiyut  |  May 4, 2010 at 15:39

    huaaaa..gw masi jauh neh..masi pake diapers buat ping2, cuman malam hari, pake tissue basah buat lap2 abis nyuapin, ato kalo tangan kotor, pake tisue buat lap lantai kalo ada makanan jatuh.. Haduhhhh keknya gw kudu nyiapin kain lap aja deh ketimbang pake tissue..
    apalagi laki gw tuh, tipi suka nyala sampe pagi secara bukan dia yg nonton tipi tapi tipi yang nonton die :((

    Reply
    • 11. luvly7  |  May 11, 2010 at 01:31

      Nah tuh!! Emang pake tissue lebih enak ya Mey, lebih higienis dan bisa langsung buang abis pake … cobaa kita belajar pake kain lap yuks … biar lebih sayang lingkungan.

      Udah gitu, soal tipi … wadoooh … gimana kalo pas dia udah ngorok, elu buru2 matiin tuh Tipi … biar dia gag ditontonin tipi semaleman :p

      Kyknya emang cowok suka gag peduli ama tivi yg nyala semaleman yaa … bokap ama laki gw juga gitu tuh 😦

      Aduh, nilainya masiy minus dong Mey … hahahahhaa Ayoo, gue mo kasiy elu nilai + nih kalo TV udah bisa gag dipake buat nontonin laki elu tiap malem 🙂

      Reply
  • 12. arman  |  May 4, 2010 at 20:54

    usaha gua ya… hmmm gak pake AC kalo tidur… hehe 😀

    Reply
    • 13. luvly7  |  May 11, 2010 at 01:31

      Huuuu … itu mah kebeneran karena elu tinggal di tempat dingin gag Man??

      Reply
  • 14. lovefaithhope2811  |  May 5, 2010 at 01:12

    Hmm.. gak banyak Feb. Abis kdg dah biasa dgn kenyamanan, jdnya susaahh bngt.
    Coba ye gue inget2…
    Ini termasuk gak yah..

    1. Kalo beli lauk yg mau dibawa pulang, biasanya gue bawa tupperware sendiri. (Ini benarnya krn gue gak mau dibungkus sterofoam ato panas2 dibungkus plastik)

    2. Pake lampu yg energy saving dong 🙂

    3. Di kantor dah mulai paperless. Report submit by email or flash disc. Kertas sebisa mgkn bolak-balik.

    4. Kalo belanja bulanan di spm, minta di dus-in drpd di plastikin. (tp ini malah suka ditolak sama spm tertentu, mrk suka merasa ribet utk bantu packing dus nya, mending nyemplung2in ke kantong plastik 😦 )

    5. Diaper dah pasti gue gak pake lagi 🙂

    Reply
    • 15. luvly7  |  May 11, 2010 at 01:58

      Nilai buat usaha elu … mmm, 8 deh 🙂 Gue suka sama point nomor 1 Ly, jarang kepikiran, karena kalo jajan suka pas gag bawa tempat juga 🙂 kalopun bawa tempat udah dicuci, dan sayang dikotorin lagi … hahahahaha

      Point 3 & 4 juga bagus tuh …

      Nilainya Lily sementara ini yang paling tinggi loooh 😉

      Reply
  • 16. veny  |  May 5, 2010 at 06:20

    kalo g mirip2 idem kae lo , lampu yg ga pake matiin aja , TV jgn stand by . kalo mandi pagi , siang malah g ga perna nyalain lampu , kan ada jendela he222 .
    tidur juga ga pake lampu . g lbh demen ruang2 dgn jendela besar2 spy ga perlu AC nyala lama2 , lampu ga perlu pake siang hari . pk sinar matahari aja .
    kl Tissue juga idem kae lo , masih lom bisa hemat tissue . ha22

    g juga pilih e billing trus sering pake amplop/map bekas untuk keperluan intern kantor .

    wkt g jalan2 ke china ada brp kota kecil disana malah udah menerapkan go green , disana kl balnja ga ada kntg plastik , kl ketahuan buang sampah plastik sembarangan bisa didenda.

    Reply
    • 17. luvly7  |  May 11, 2010 at 02:01

      Oyaa??? Bagus banget tuh soal denda sampah plastik. Kalo gue bilang, disini mah pemerintah blom terlalu peduli sama ginian malah. Cuman segelintir orang yang peduli … yang ngerusak sama yang go green banyakan yang ngerusak yaa??

      Btw, nilai elu buat go green nya … mmmm, 6.5 deh Ven 😉 hahahahhaha

      Ternyata cewek susah dipisahkan sama tissue yaaa 😀

      Reply
  • 18. Flora  |  May 5, 2010 at 06:57

    Hhmm gw yg bantu go green :
    1. Di rumah cuman nyalain AC pas waktu malam doang.
    2. Dispenser rumah ga dicolokin krn pada ga minum air dingin. Untuk air panas dimasak.
    3. Selalu memilih untuk tidak print out sisa saldo ATM

    Yang belum di rumah gw :
    1. Masih pake bak mandi ga pake shower, padahal ada shower tapi alatnya berfungsi sebagai keran untuk ngisi bak mandi. Jadinya boros air deh :(.
    2. TV di bawah sepanjang hari nyalanya, konsumsinya paman David yg udah pensiun. Kita mo larang serba salah juga nanti bilangnya pelit.
    3. Masi pake diaper untuk Chris, Grace udah free diaper.
    4. Gw sendiri pake tissue boros banget.
    5. Belanja di C4 masi pake kantong plastik soalnya diperlukan untuk tempat sampah.

    Reply
    • 19. luvly7  |  May 11, 2010 at 02:03

      Wakakakakak … nilai elu 6.5 juga Flo 🙂
      Kenapa showernya gag difungsikan buat mandi?? aernya kecil apa ya?? soal TV juga, hmm rada susah yaa mo ngomong, soale orang tua suka beda sama kita2 pemikirannya 🙂

      lagi2, … hidup tissue, … wakakakkaa

      Reply
  • 20. Fun  |  May 6, 2010 at 07:34

    yang bisa gw kurangin cuman plastik doank… hehehe cuman kalo kayak gw toko gitu.. ga kasi plastik dikatain pelit hahaha 🙂

    Reply
    • 21. luvly7  |  May 11, 2010 at 02:04

      wakakakakkaka …. hmm, mungkin bisa dibonusin tas kain gitu Fun, buat org yang belanjanya diatas sekian, or buat org2 yang belanja bawa tas kain dari rumah, dapet disc. sekian persen??

      Nilainya berapa atuuuh ini mah??

      Reply
  • 22. naki  |  May 7, 2010 at 03:49

    kalo gw :

    1. dari smp ga perna buang sampah sembarangan 😀 kalo emang lagi ga ada tempat sampah di sekitar , biasanya gw kantongin dulu ato gw pegang2 terus ampe ketemu tempat sampah 🙂

    2. sama kaya lo nih feb , gw boros tisu sekali 😦 padahal uda ditekan seminimal mungkin , cuma gimana dong , gw kan alergi dingin , dan kantor gw dingin abisss

    3. ehmm yang soal pembalut juga sama , gw demen yang super long ( yang buat malem ) itu , heheheh

    4. gw di rumah jarang pake AC , soalnya gw ga tahan dingin hahaha . yah sekalian lah 😛

    5. jarang ngeprint2 ato pake kertas juga di kantor , saking jarangnya gw nulis , tulisan gw skarang jeleknya minta ampun lho 😀

    uda ahh segitu aja, hehehehe

    Reply
    • 23. luvly7  |  May 11, 2010 at 02:06

      Lagi2 Tissue …. 😉

      Nilai elu 7 Jen!!! Gue selalu suka sama org2 yang bisa ngantongin sampah, karena gue masiy suka gag betahan megang sampah lama2 …

      Tapi trus, nilainya minus gara2 pembalut *sama kek yg nulis :p* dan tissue

      Reply
  • 24. thesalem  |  May 7, 2010 at 12:12

    yang udah:
    1. irit listrik seirit-iritnya, lampu nyala di atas jam 5, kecuali ruang kerja gw. Ac nyala bila diperlukan *tapi belakangan jakarta panasnya ajubile, jadi diperlukan seharian hehe*
    2. mulai biasain dea pake cloth diaper, tapi susah juga karena pee nya banyak jadi mau gak mau tetep ada pake diapernya juga.
    3. kertas dipake sampe ke sudut2nya. secara kerja gw gambar trus scan, hasil gbr manualnya itu gak perlu di keep, jadi pas waktu pembersihan laci gw kaget banget, segepoook bo. Sejak itu pakenya diirit banget.

    selebihnya belum.

    Reply
  • 25. luvly7  |  May 11, 2010 at 02:07

    Setuju sama nomor 1 … belakangan AC tuh kek barang penting banget yaaa Ryn?!

    Lah, emang si cutie masiy pake diaper?? gue kira anak perempuan lebih cepet lepas diaper looh … blom toilet training yaa??

    Nilai elu 7 buat usaha pemberdayaan kertas gambar 🙂

    Reply
  • 26. celline  |  May 11, 2010 at 09:23

    apa ya?
    1. cabut colokan hp kl abis dipake atau elektronik yg lainny
    2. kl ke supermarket atau mal aku suka ngurangin plastik yg dikasih.. sebisa mumgkin malah ng usah krn tas ku gede…
    sampah plastik terurainy lebih susah dibanding yg lain… trus kl mis kebawa plg ntar dikumpulin yg bagus2 di kasih ke tukang sayur atau toko2 kecil, yg jelek2 di jadiin alas tempat sampah.
    3. tidak menggunakan ac kl siang hari, nah ini skrg rada susah nih soalny panas bgt belakangan ini jd ac terpaksa nyala sebentar abis itu digamti ke kipas angin
    4. nyalain timer di tv atau dvd player kl kita nontonny malem2 krn ng bisa tidur tapi takut ketiduran.. itu membantu mengurangi pemakaian listrik
    5. bon2 dari atm atau mal aku kumpulin dl, kl masih bisa dipakai kujadiin coret2an dulu

    Reply
    • 27. luvly7  |  May 12, 2010 at 01:31

      Ciee, ahlinya Lingkungan akhirnya angkat bicara :p
      Yang udah elu kerjain, nilainya 7 San, gara2 point nomor 2 dan 5 🙂 Bisa2an siy bon dijadiin kertas coret2an dulu?? wakakakakak

      Go green 😉

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Luvly7 ….

Cewek Keren Sedunia is her middle name ... Love travelling ,make friends, watch movie and sleep! Really wanna be slim without stop eating :) Be a famous TV presenter & MC is one of her biggest dream, and hopefully she still can reach it !!! You go girl !!

Oldies

Visitors

  • 440,888 clicks

RSS Blogger’s update

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Recent Posts


