America vs Indonesia Idol

August 13, 2010 at 02:10 8 comments

Kemarin sore, disela-sela waktu latihan saya diatas cross trainer, saya seru menyaksikan American Idol di sebuah tivi swasta. Gag tau udah sesi keberapa, karena emang saya udah lama gag punya waktu buat mengikuti American Idol dan acara2 tv lainnya.

Tapi yang bikin menarik, dari finalis awal sampai yang terakhir, mereka menampilkan kualitas yang sangat baik. Bukan kualitas kacangan atau karbitan, karena walaupun mereka masih dalam tahap finalis, tapi mereka sudah punya ciri khas masing2. Suara yang baik dan penampilan yang percaya diri, ditampilkan maksimal diatas panggung minimalis.

Tidak banyak gerakan koreografi yang mereka tampilkan. Rata-rata hanya berdiri di tempat, melakukan gerakan tangan yang keluar dari penjiwaan mereka, dan menonjolkan ekspresi wajah yang juga keluar dari tiap bait yang mereka bawakan.

Tiap finalis punya kualitas suara yang bisa dibilang sangat baik dan matang. Dua diataranya menampilkan kemampuan bermain piano yang sangat baik, sambil menyanyikan lagu mereka. Bukan cuma bermain piano iseng, dengan iringan orchestra dibelakang mereka, dan cuma bermain buat ‘pajangan’ , tapi bermain dalam artian sebenarnya. Tampil solo piano dan solo singer, kalau sampai mereka berhenti bermain, yaa berarti gag ada iringan musik apa2 yang terdengar.

Selain penjiwaan, ekspresi dan penampilan, juri juga memberi komentar soal orininalitas. Betapa walaupun mereka membawakan lagu-lagu tua, tapi tetap  bisa mereka tampilkan dengan versi baru atau versi mereka sendiri. Betapa lagu ‘You Will Always on My mind’ yang sudah sangat lekat di kepala setiap orang dengan penyanyi aslinya, bisa ditampilkan dengan sangat baik oleh seorang finalis bernama Anoop, yang berwajah mirip Sharul Khan. Ketika memberi komentar, Paula Abdul bahkan sampai berkaca-kaca, saking lagu yang barusan dibawakan meresap dengan penjiwaan si penyanyi.

Acara keseluruhan sangat menarik ditonton, sangat sederhana tapi menarik, dengan komentar Ryan si pembawa acara yang tidak garing, tapi luwes dan juga menarik dilihat dan didengar. Penonton disana juga sangat antusias. Tidak melulu berteriak untuk finalis jagoan mereka, tapi juga memberikan standing applaus atau ikut bergoyang bertepuk tangan, bila ada finalis yang bisa membawakan sebuah lagu dengan sangat baik. Tidak peduli yang mereka tepuki itu jagoan, teman, saudara, istri, suami, anak, mereka atau malah lawan.

Kalau kembali ke panggung spektakuler di Indonesia Idol, disana terlihat banyak sekali skenario yang diperlihatkan oleh seluruh pendukung acara. Mulai dari finalis yang membawakan lagu dengan terlalu banyak gerakan koreografi, yang terkadang membuat mereka tidak berkonsentrasi dengan suara mereka, sampai ke komentar gag penting dari si pembawa acara, si VJ itu.  Penonton kita juga sangat beda. Mereka rata2 memberi tepukan cuma untuk jagoan mereka. Belum se-ekspresif penonton luar memang. Belum tau banyak, beda antara kualitas suara yang bagus dan baju atau penampilan yang menarik.

Well, bukan bermaksud menghakimi atau menjelek-jelekkan produksi dalam negri, tapi koq sepertinya, naluri saya sebagai penonton dan penyuka music, langsung tergelitik buat membuat comparison, setelah menonton acara America Idol kemarin yaa??

Dari segi manusianya, para finalis America idol terlihat lebih natural, berani berkomentar ketika di komentari juri dan mengeluarkan kemampuan bernyanyi dengan sepenuh hati. Compare dengan disini, semua finalis rata2 segan atau terlihat ‘jaim’ didepan juri. Ketika di kritik atau dipuji oelh juri, cuma komentar ‘terima kasih’ yang terdengar sebagai balasan.

Mungkin sudah diatur oleh skenario juga, kalau finalis tidak boleh menanggapi dengan komentar sendiri, tetapi hanya boleh mengucapkan ‘terima kasih’,  no matter komentar juri negatif atau positif. Harus tetap tersenyum, tidak memble atau protes, even ketika juri mengatakan sesuatu yang tidak enak didengar.

Bicara soal kualitas secara keseluruhan, baik dari segi suara, penampilan ataupun kealamian, saya cuma berharap, kalau suatu saat, kualitas bangsa kita bisa sebaik atau bahkan lebih baik daripada bangsa luar sana.

Kembali ke Indonesia Idol sesi terbaru yang baru saja berakhir, well, buat saya 2 juara Indonesia Idol yang terbaru kemarin, Igo dan Citra, merupakan 2 wakil terbaik yang nilainya memang diatas rata2 finalis yang lain. Mereka yang paling natural dan tetap berkonsentrasi pada suara, tanpa meninggalkan nilai pada penampilan yang sangat baik.

Suatu saat, saya ingin bisa menonton Indonesia Idol seperti saya menonton America Idol. Segan meninggalkan tatapan mata saya dari layar tv, sampai tau-tau saya sudah berlari selama 50 menit!!

Advertisements

Entry filed under: Uncategorized.

Live Concertnya Uncle David & friends Bday Surprise for ‘Pao’

8 Comments Add your own

  • 1. veny  |  August 13, 2010 at 02:54

    emang bedalah Feb Indo Idol ama Amrik Idol , meski tetap tak dipungkiri bnyk bakat terpendam dlm diri anak bangsa ini ciehhh !
    g prefer Citra daripada Igo Feb , Citra pny ciri khas & nyanyi tanpa takut . Kalo Igo biasa aja n ga konstant
    fav g laen nya Tessa yg duluan udah out .

    Reply
  • 2. Eny Susanto  |  August 13, 2010 at 05:04

    Engga pernah ngikutinbener2 american idol lagi sejak terakhir yang pemenangnya Ruben. setelah itu cuman nonton setengah2. kadang lupa jam nya kadang emang ga sempet n ga pay attention kapan mulai acaranya. tapi emang seru banget nonton AI, Kalo II eneg banget sama si pembawa acara yang lama-lama kayanya emang sengaja ngelama2in doang dengan komentar2 aneh. Trus eneg juga sama skenario2 buatan yg ceritanya memancing emosi penonton. tapi tuh ga natural banget. Anyway, fave gua Ray yang juga sudah out juga 😦

    Reply
  • 3. Mr. E  |  August 13, 2010 at 07:10

    Huahua, ternyata bukan gw yang berpikir komen si VJ itu gak penting :p Kadang2 ngaco bukan sih? Gayanya pengen ikut2an Simon / Ryan, tapi ya gitu deh jadi gak penting :p

    Dan yang bikin gemes, kalo udah mau pembacaan hasil, astagoooo lamanyooooo.. Bisa masak indomie dulu kali.. haha. Kayanya kalo AI gak selama itu deh.

    Dan komentar2 juri yang selalu dibales dengan angguk2 dan ucapan “terima kasih”, gak seruuuuu

    Mengenai yang cuma mendukung suporter sendiri, yaa..well.. As you said, mereka masih belum ngerti kualitas..

    Btw, lu gak coba2 ikut audisi Feb? 😀

    Reply
  • 4. pitshu  |  August 13, 2010 at 09:14

    g paling jarang nonton tv, paling ngikut orang nonton aja, si dd tiap sabtu-minggu nonton IMB. cuma sebel na kadang suka aji mumpung gitu, lom lagi kadang penentuan hasilnya kadang suka lebay gitu deh, bikin males liat na ^^

    Reply
  • 5. Pucca  |  August 13, 2010 at 10:35

    iya emang beda ya, gua sih udah gak pernah nonton lagi idol2an, udah bosen hehe.. lebih seru nonton waktu pencarian bakat itu kadang ada yang gila2 hehe

    Reply
  • 6. arman  |  August 13, 2010 at 16:54

    eh komentar gua gak masuk…. huhuhu…

    padahal gua nulisnya panjang…

    well intinya, di indo idol yang mengganggu tuh kebanyakan penari latar kalo menurut gua. iya gak sih? hehe

    Reply
  • 7. Fun  |  August 21, 2010 at 08:22

    American idol itu gw suka sama pembawa acaranya…MC-nya ga kecentilan.. terus enak bawainnya… dan ga pake LAMA kalo ngumumin yang pulang atau yang menang… 🙂

    Reply
  • 8. Angels  |  August 31, 2010 at 09:17

    gw paling males deh kalo udah bawa2 masalah pribadi buat dijual. trus semua orang nge vote dia karena kasian. ilfil banget deh. pantes lah setelah lulus idol mereka ga ada yg bisa bertahan lama. yg dijual bukan kualitas suara sih 😛

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Luvly7 ….

Cewek Keren Sedunia is her middle name ... Love travelling ,make friends, watch movie and sleep! Really wanna be slim without stop eating :) Be a famous TV presenter & MC is one of her biggest dream, and hopefully she still can reach it !!! You go girl !!

Oldies

Visitors

  • 442,971 clicks

RSS Blogger’s update

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Recent Posts


%d bloggers like this: