Let’s get back to healthy plan!!

February 3, 2012 at 05:48 6 comments

Kemarin saya baru menjenguk teman kantor yang harus di opname, setelah operasi usus di lantai 7 sebuah rumah sakit di Jakarta Timur. Setelah itu, lanjut ke lantai 8 buat menengok teman yang lain, yang harus di operasi karena gangguan jantung. Khabar terakhir yang akhirnya saya terima, teman yang harus operasi jantung tersebut pada akhirnya harus pasrah ketika 4 ring dipasang pada jantung kiri dan kanannya. FYI, bapak yang sakit jantung ini dalam kesehariannya terlihat biasa-biasa saja, tidak ada keluhan apa-apa dan baru tahu kalau ada masalah di jantungnya ketika beliau melakukan medical check up tahunan.

Masih di minggu ini, teman lama sahabat saya, seorang perempuan muda nan cantik, baru saja meninggal di usia 31 tahun,  karena sakit levernya. Dia meninggalkan 2 orang anak yang masih kecil-kecil :(  Denger khabar lagi, temannya adik teman kantor saya, seorang laki-laki muda berusia 30 tahun, baru meninggal mendadak karena serangan jantung.

Beberapa hari yang lalu juga, dunia entertainment kehilangan seorang komedian muda-nya Ade Namnung, di usia yang baru 34 tahun saja.

Sepertinya mati muda lagi trend ya?

Kenapa yaa, tambah maju peradaban, tambah berkembang juga penyakit yang ada. Jaman dulu, perbandingan orang yang terkena cancer, jantung, darah tinggi, dll – mungkin 1 dibanding 50 orang. Tapi sekarang, sepertinya ada setidaknya 2 orang sakit diantara 5 orang sehat. Lebay gag kalo saya berpendapat seperti itu?

Selain karena pola makan dan gaya hidup yang semakin canggih, mungkin penyebabnya adalah berbedanya pola hidup jaman dulu dibandingkan denga jaman sekarang.

  1. Jadul : kemana-mana orang bisa berjalan kaki —> Hari gene : kemana-mana naik mobil, jarak jauh or deket, duduk manis di mobil ber-AC, trus tinggal nyampe deh!
  2. Jadul : makanan kebanyakan diproduksi di rumah, tidak banyak resto terkenal yang menjual makanan enak —> Hari gene : tempat nongkrong yaa di resto! Berbagai resto dengan segala jenis makanan yang mengundang buat dicicipi, ada dimana mata memandang. Promo resto bertebaran dimana-mana. Semuanya mengundang orang untuk lebih sering jajan, daripada mengkonsumsi makanan rumah. Padahal, tidak semua makanan resto yang dimasak dengan bahan yang sehat kan?
  3. Jadul orang masih sering makan bersama keluarga, makan pagi dirumah, makan siang bawa bekel dari rumah, makan malam, balik lagi di rumah —> Hari gene : makan pagi gag sempet, karena buru2 takut MACET, jadilah sarapan di kedai kopi mahal, makan siang tinggal ke resto padang terdekat, dinner di jalan, tinggal berhenti di resto burger sambil nunggu macet!
  4. Jadul, apa2 dibuat sendiri —> Hari gene, semua cari yang instant! Dari susu, kopi, makanan bayi, mie, daging, sosis, sampe sayuran pun ada yang instant tinggal dipanaskan!
  5. Jadul : rutinitas orang setelah sekolah atau kerja, adalah pulang ke rumah. Sekarang, clubbing or nongkrong di cafe or resto juga dianggap sebuah gaya hidup modern, yang kalau gag diikuti, berarti kurang gaul! Padahal, kalo clubbing, resiko terkena asap rokok juga bisa bikin penyakit kan? Kelamaan clubbing, bikin kurang tidur juga bisa bikin penyakit.

Masih banyak penyebab yang membuat penyakit jaman sekarang jadi lebih ajaib2 daripada jaman dulu!

Daripada deg-deg-an denger kabar si anu yang kena sakit ini dan si anu yang kena penyakit itu, mendingan kita mencoba untuk menjaga hidup tetap sehat! Jangan pernah berpendapat aneh dengan bilang :

  • Ah, ituuu si om anu, ngerokok dari muda, tapi tetep sehat sampe sekarang koq
  • Looh, itu si bapak A, udah gag ngerokok, rajin olahraga, tetep aja kena jantung?
  • Halaaah, umur mah ditangan Tuhan, selagi masih hidup mah nikmatin ajalah!

Emang bener banget, umur ditangan Tuhan. Tapi sebagai manusia yang dikasih hikmat, mestinya kita belajar untuk menghargai tubuh yang diberikan Tuhan, dengan menjaganya dengan baik. Makanlah makanan yang sehat, boleh makan junks, sesekali🙂 Hiduplah dengan pola sehat dan teratur, cukup olahraga, cukup istirahat, balance life!

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Gaya baru si Luvly7 ;) BBLC2 – 4th week update

6 Comments Add your own

  • 1. veny (@veny_d)  |  February 3, 2012 at 07:44

    betul skali ….
    setujuh sekali pendapat cks !
    tapiii g samb ketik komen sambil nyemil “hanya” 4 biji kastengels hahaaa
    abis enak sih .

    Reply
    • 2. luvly7  |  February 8, 2012 at 07:20

      hehehheeh, gpp laah kalo sesekali nyemil maaah😉
      yang penting elu udah tau batesannya pan😉

      Reply
  • 3. nilola24(tia)  |  February 3, 2012 at 07:47

    Gue setuju banget sama elu, Feb. Gue ngeliat bokap yang dari dulu anti makanan junk food dan cinta bener makanan rumah, di masa tuanya sekarang, ga ada penyakit berarti. Puji Tuhan.

    Menurut gue apa yang masuk ke dalam tubuh yang paling penting. Biar kita olahraga, tapi makanan tetap ga sehat, sama aja boong.

    Reply
    • 4. luvly7  |  February 8, 2012 at 07:21

      Hebatnya bokap elu Tiii!! Salut! Bener banget yaaa si pepatah yang bilang apa yang kita tabur itu yang kita tuai … kalo kita rakus + hidup gag sehat, yaa kalo besok2 penyakitan, jangan salahin siapa-siapa lah yaa??

      Reply
  • 5. Arman  |  February 3, 2012 at 18:59

    setuju banget feb!!
    harus life balance!

    yang penting harus niat dari diri sendiri. dan olahraga itu harus bagnet dah!

    Reply
  • 6. luvly7  |  February 8, 2012 at 07:22

    Jempol buat Arman!!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Luvly7 ….

Cewek Keren Sedunia is her middle name ... Love travelling ,make friends, watch movie and sleep! Really wanna be slim without stop eating :) Be a famous TV presenter & MC is one of her biggest dream, and hopefully she still can reach it !!! You go girl !!

Oldies

Visitors

  • 414,087 clicks

RSS Blogger’s update

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Recent Posts


%d bloggers like this: