Fireman vs Meeting-man

May 24, 2012 at 09:59 4 comments

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah mendapatkan broadcast messages dari seorang contact di BB saya. Isinya, cerita tentang pemadam kebakaran yang terlambat datang, sehingga 3 nyawa anak2 melayang. Khabarnya, keterlambatan itu dikarenakan karena negosiasi harga yang alot.

Saya tidak tahu pasti, berapa gaji bulanan para ‘petugas pemadam kebakaran’ ini. Yang saya tahu, ketika mengunjungi Kidzania dan bermain sebagai petugas pemadam kebakaran dulu, gaji yang diterima setelah bekerja adalah 1 kidzos. Bandingkan dengan gaji yang diterima setelah bekerja berlenggak-lenggok diatas stage sebagai super model -yang kalau tidak salah- mendapat gaji 30 kidzos. Wow!!

Sepertinya, sebelum memutuskan akan memberi gaji berapa untuk profesi apa, comittee di Kidzania sudah mempelajari terlebih dahulu, berapa gaji yang diterima beberapa profesi di dunia nyata. Dan hasilnya, 1 kidzos vs 30 Kidzos untuk fireman vs supermodel!

Saya tidak punya waktu untuk mencari tahu, berapa gaji dari setiap profesi yang ada. Tapi sepertinya, ditempat saya tinggal ini, menganut sistem penggajian yang berbeda dengan di negara-negara lainnya. Misalnya, polisi,petugas rumah sakit, supir bus, dan mereka yang bekerja dengan tenaga, biasanya dibayar jauuuh lebih murah daripada mereka yang bekerja dengan otak.

Selain kerja keras, dibutuhkan latar belakang pendidikan yang sangat baik, koneksi yang luas dan keberuntungan yang cukup, untuk bisa duduk di sebuah posisi yang baik di perusahaan yang bisa menjamin kesejahteraan karyawannya. Tidak tahu, apakah gaji para petugas yang saya sebutkan diatas kurang memadai, sehingga mereka harus -kalau benar adanya- bernegosiasi sedemikian alotnya sebelum menerima suatu pekerjaan. Saya pikir2, kalau mereka digaji layak dan cukup, sehingga mereka tinggal bekerja, tanpa perlu memusingkan urusan perut keluarganya ataupun biaya sekolah anaknya, apakah, mereka bisa diandalkan layaknya pekerjaan mereka yang membutuhkan kesigapan untuk berkejaran dengan waktu?

Hmmm, compare lagi dengan para wakil rakyat, yang pekerjaan sehari-hari-nya duduk dan rapat. Lagi-lagi, saya kurang tahu, apakah disini dibutuhkan pemikiran cerdas yang merupakan modal utama untuk menerima gaji yang sangat lumayan. Pekerjaan mereka sepertinya tidak membutuhkan otot, juga tenaga yang terlalu berjerih. Toh, hasil yang diterima, tidak begitu signigicant, berbanding dengan pengeluaran yang kita ketahui bersama.

Well, katakanlah saya asal bunyi. Tidak tahu data yang tepat, tapi asal nyerocos … Tapi saya bisa melihat, kalau wakil rakyat yang sering terekam di televisi dengan muka terkantuk-kantuk ketika menjalani rapat yang merupakan pekerjaan utama mereka. Saya juga bisa membaca, ketika mereka ada di berita di internet, dengan pakaian mahal, tas mahal dan perjalanan kunjungan mereka ke luar negeri yang entah dilakukan dengan uang tabungan sendiri atau hasil uang tabungan rakyat.

Saya hanya terpikir untuk membuat postingan ini, ketika tadi siang saya melihat seorang petugas pemadam kebakaran yang berteriak meminta mobil lain minggir, dengan seragam warna terangnya, berpeluh mencoba melintasi jalanan Jakarta yang hampir selalu tersendat, berusaha untuk tiba di lokasi tepat waktu untuk menjalankan tugas utamanya, memadamkan api!

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Fireman vs Meeting-man In them middle of something

4 Comments Add your own

  • 1. prettypucca  |  May 25, 2012 at 03:25

    iya gua juga merinding baca beritanya di kompas, tapi yah gua gak mau menghakimi salah siapa, karna gua gak tau kejadiannya persis, cuman gua jadi takut banget mau pasang teralis skarang di rumah…

    Reply
  • 2. th3sea  |  May 25, 2012 at 03:31

    gua sih sempet google kemarin feb. info yang pemadam kebakaran terlambat dateng karena negosiasi harga itu bohong. malah si pem-broadcast lagi dilacak untuk diperkarakan.
    yang buat broadcast pertama adalah RT setempat, tapi pak RT sama sekali ga sebut2 soal negosiasi harga dan mobil pemadam yang ga bawa air.
    semoga beritanya bener… jadi ga tambah2in kekesalan kita kepada praktek KKN ya…

    Reply
  • 3. veny (@veny_d)  |  May 25, 2012 at 04:00

    tp dgr2 sih emang bgt kalau kita panggil fireman biasa ada harga yg perlu disepakati . dgr dr org yg rmhnya terbakar . g sih ngeri bayanginnya , kita udah kalut masa ada proses tawar menawar dulu .
    semoga Fireman n profesi lain dihargai dgn setimpal .
    g jg ga setuju wakil rakyat yg cmn ngantuk2 n jalan2 di gaji gede . coba ditinjau ulang donk sistem pergajian di republik ini . profesi yg pk tenaga jg hrs dihargai setimpal dgn org yg kerja pakai otak

    Reply
  • 4. n0rth jakarta fireman  |  September 29, 2012 at 07:10

    kalo manggil pemadam itu ngga ada acra nego, krna yg mbyar idup kami jg dr pajak masyrakt.
    Memang kadang kalo ada kebakaran, ada warga yang memberi sbgai ucpan trimakash, kamipun menerimanya. Kalaupun tdak dkash tdak jd soal. Pngalaman saya, d TKP kalo ada yang ngash air putih saja kami sdah trimakash banget.
    Pmadam terlambt itu bukan karna respon personil yang lambat, tp karna informasi yang dterima terlambt atau api sudah besar, macet, dan bnyak halangan d jalan seperti portal dll.
    Anda bsa lhat, kami tdak tnggal diam pas macet, kami mencoba berlarian mengurai kmacetan agar cpat sampai TKP. Mohon pengertiannya kalo ada pemadam lewat harap ddahulukan.

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Luvly7 ….

Cewek Keren Sedunia is her middle name ... Love travelling ,make friends, watch movie and sleep! Really wanna be slim without stop eating :) Be a famous TV presenter & MC is one of her biggest dream, and hopefully she still can reach it !!! You go girl !!

Oldies

Visitors

  • 414,087 clicks

RSS Blogger’s update

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Recent Posts


