Korea trip, Day 1

Baru saja pulang dari trip ke Korea. Saya dan 2 boys usia 8 & 10 tahun, berangkat sendiri tanpa ikut paket tour. Agak nekad kelihatannya, tapi kami mencoba prepare dengan rencana perjalanan dan macam2 perlengkapan di tangan. Mulai dari peta, jadwal subway dan beberapa info tempat wisata yang harus dikunjungi lengkap dengan harga dan promonya. Sedikit missed di sana-sini, tapi cukup memuaskan untuk perjalanan luar negri yang lumayan jauh dengan Bahasa antah berantah dan musim yang juga jauh berbeda.

Perjalanan ke Korea sebenarnya tidak masuk dalam rencana kami. Adalah Jepang yang tadinya menjadi tujuan liburan berikutnya. Tetapi karena kebetulan mendapat tiket PP Cengkareng-Incheon seharga USD 500, jadilah kami deal ke Korea. Plan awal : melihat salju  Tiket terbeli sekitar bulan September, untuk keberangkatan Desember. Setelah tiket terbeli, kami sibuk dengan kegiatan masing-masing, sampai akhirnya sedikit gerabak-gerubuk ketika tiba-tiba bulan Desember tiba.

Adalah papanya anak2 yang rajin browsing sana-sini. Bikin itinerary dan mengurus visa dan hal-hal lainnya. Kebetulan, seorang sahabat confirm untuk trip bareng, walaupun dengan selisih beberapa hari, karena plannya dadakan.

Kami berangkat ke Korea dengan Garuda 878, hari Rabu jam 23.35 malam. Ini merupakan longest trip anak2 by plane, setelah sebelumnya trip 5 jam ke Hongkong. Dapet kursi ber-4, persis di belakang business class. Harapannya, dengan penerbangan tengah malam, selama perjalanan kami akan tidur nyenyak, dan bangun pagi2 dengan kondisi badan fit dan siap bermain di Everland. Yang ada, karena anak2 sudah mulai besar, tapi posisi tidur masih posisi anak2, jadilah papanya anak2 terjaga semalaman, karena menjaga Nick yang tidur memanjang. Saya sendiri bisa tidur dengan cukup enak, walaupun beberapa kali terjaga karena suara tangisan penumpang babies. Lesson learn, untuk keluarga dengan 2 anak yang berusia diatas 6 tahun, kursi 2-2 lebih disarankan daripada kursi 4 berjejer, yang sebagian dudukan lengannya bisa diangkat dan sebagian lagi tidak bisa.

Korea_flight

Korea_flight sleep

Pesawat mendarat tepat waktu. Tiba di Incheon airport, setelah mengurus imigrasi dan bagasi, kami langsung bergegas membeli T-money, yang berbentuk kartu, bisa digunakan untuk membayar bus, subway, dan sekaligus bisa digunakan untuk berbelanja di beberapa minimart seperti seven eleven dll. Karena tidak tahu kalau tarif anak bisa beda sama tarif dewasa, kemarin hubby membeli T-Money yang sama. Pas ngetap di airport limo, barulah kita ngeh kalau mestinya kita tanya sebelum beli T-money kemarin. Well, lagi2 bahasa menjadi kendala, karena beberapa penjaga toko tidak berbahasa Inggris.

Perjalanan dengan airport Limo dari Incheon airport ke Ibis Dongdaemun hotel memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Tarif untuk anak2 10,000 won dan untuk dewasa 14,000 won. Kursi di airport limo (bus) kurang lebih senyaman kursi penumpang kelas business. Dengan reclining bisa sampai posisi tidur nyaman. Airport limo akan melalui Gimpo airport, untuk berhenti mengambil dan menurunkan penumpang.
Sampai di hotel, kami langsung check in dan bermaksud untuk langsung melanjutkan perjalanan ke Everland, sesuai dengan jadwal day-1, sesegera menitipkan koper ke hotel. Waktu itu cuaca sedang dingin2nya. -13⁰, feels like -20⁰ … haizzzzz!! Kebayang dong, es membeku di 0⁰ dan itu dinginnya udah dinginnnn bingits!

Kami lalu berpikir untuk membatalkan plan ke Everland, mengingat jam yang sudah menunjukkan pukul 3.30 sore dan dingin yang keterlaluan untuk memaksakan main sementara kondisi tubuh sedang kurang fit. Akhirnya hari pertama kami isi dengan : istirahat di kamar, mengisi perut dengan semangkuk indomie panas dan sedikit pengenalan kota Seoul, dengan naik subway.

Speaking about hotel, type kamar yang kami pilih adalah kamar family. Ada 1 ranjang double dan diatasnya ada ranjang bertingkat ukuran single. Dengan posisi kamar di lantai 15, kami mendapat pemandangan kota yang cukup Indah. Kamar ukuran imut2 dengan toilet (kering) terpisah dan kamar mandi seukuran 1 orang, mirip2 ruang bilas di kolam renang. Super mungil tapi lumayan nyaman dan cocok juga dengan kantong.

Okay, cerita agenda hari & detail berikutnya, lanjut di postingan berikutnya yaaa 😉

Korea_day1

Published by luvly7

Fashion Police, Travelling Lover & Conflict Avoid-er ;)

4 thoughts on “Korea trip, Day 1

  1. Lesson learn, untuk keluarga dengan 2 anak yang berusia diatas 6 tahun, kursi 2-2 lebih disarankan daripada kursi 4 berjejer, yang sebagian dudukan lengannya bisa diangkat dan sebagian lagi tidak bisa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: