Korea trip, Day 2 & Day 3

December 26, 2014 at 07:56 8 comments

Hari kedua, plan awal adalah go skiing to Jisan Ski resort. Pemilihan Jisan instead of Yongpyong Ski adalah karena jarak yang lebih dekat. Maklum, rombongan kami sekarang bertambah menjadi 4 adults dan 4 kids, dengan usia 2-5-8-10. Karena kesalahan teknis yang tidak disengaja, perjalanan kami ke Ski resort tertunda menjadi perjalanan di day-3.

Korea day 2

Hari ke-2 kami isi dengan jalan-jalan memutari Korea, makan ayam berbumbu dengan melted cheese di Myongdong, dan diakhiri dengan kunjungan ke Lotte duty free yang nyaris tutup setelah sebelumnya feed the kids di Mc. Donald.

Lunch

Hari ketiga, kami melaksanakan plan skiing yang sempat tertunda.

Well, sebetulnya, Jisan Ski Resort menyediakan shuttle penjemputan. Kita hanya perlu registrasi dan mencari info, dimana titik penjemputan terdekat mereka. Karena keterbatasan waktu, kami tidak mendaftar shuttle, dan akhirnya pergi sendiri ke Jisan.

Dari hotel kami naik MRT ke Gangbyeon station. Dari station tersebut keluar di exit-4 dan kami naik bus dari Dong Seoul bus terminal. Perjalanan dilanjutkan dengan bus ke Icheon, selama kurang lebih 1,5 jam. Bisa bobok lah di bus. Bus stop di perhentian terakhir dan dari terminal tersebut, perjalanan ke Jisan dilanjutkan dengan bus nomor 12. Jangan lupa, setiap naik bus di Korea, make sure untuk selalu menyebutkan tempat perhentian kita ke ajjushi yang bawa bus. Setiap perhentian, rata2 ada notification dari voice recorder, tapi kadang kurang jelas terdengar. Jadi, biar aman, mending pesan ke driver kita mau turun dimana.

Di Jisan, kita bisa menyewa perlengkapan ski, pakaian ski, lengkap dengan pelindung mata, sarung tangan, dll dengan harga satuan. Harga sewa celana anti air kira-kira 9,000 won. Tongkat ski dan sepatu akan dipinjamkan ketika kita menyewa jam main. Dengan kondisi jam siang, (kurang lebih jam 12.30 – 17.00) tarifnya 19,000 won. Ukuran sepatu dan tongkat ski akan disesuaikan dengan ukuran kaki dan berat dan tinggi badan. Kalau kira2 kita sudah mengenakan pakaian dingin yang anti basah, kita tidak perlu menyewa baju atau celana lagi. Yang agak mahal adalah harga lift-nya. Perday harga sewanya 55,000 won/orang. Untuk harga sekali jalan, cukup membayar 11,000 won. Kalau kira2 new alias beginner, mending ambil yang sekali jalan, alias jangan kepedean ambil paket yang seharian. Bagi pemula, sekali turun dari lift saja sudah bisa membuat badan lebam2 karena benturan pas jatuh. Lapangan ski akan disesuaikan dengan tingkat kemampuan. Yang tengah, cukup terjal dan ski-ersnya udah jalan zig-zag adalah untuk advance. Sementara untuk pemula, masih landai2 dan datar2 saja.

Korean_ski resort

Kemarin, saya sendiri sudah cukup puas dengan foto-foto berlatar belakang Ski Resort. Anak-anak seru bermain luncur-luncuran diatas es. Dua teman saya mencoba bermain ski. Saya yang kurang suka basah-basahan dan resiko benturan dan memilih untuk babysit sambil lunch bareng anak-anak ke tempat yang agak hangat, burger king. Hohohoho. Sampai sore, rekaman foto dan video sudah cukup banyak, dan waktu bermain juga sudah habis. Waktunya pulang, dan kami pulang dengan shuttle bus direct ke Myongdong, setelah sebelumnya mendaftar.

Ada kisah sedih di sela acara skiing kami hari ini. Dompet teman saya hilang, entah terjatuh ketika berganti pakaian atau terjatuh ketika skiin. Thank God, barusan dapet update, kalau dompetnya diketemukan utuh, dengan kartu2 di dalamnya aman. Bravo untuk orang Korean  *cerita sudah pasti berbeda kalau dompet hilang di Jakarta atau Cina.

Lesson learn :
1. Lakukan registrasi terlebih dahulu sebelum Skiing, jadi bisa mendapatkan kemudahan transportasi, karena shuttle yang disiapkan oleh resort jauh lebih mudah dan free of charge alias gratis!

2. Pastikan untuk mengenakan baju dingin dan sarung tangan anti air, ketika berangkat skiing. Sehingga tidak perlu menyewa perlengkapan anti air lagi.

3. Untuk yang bepergian dengan anak-anak, bawa selalu pakaian ganti, lengkap dengan jaket dan sarung tangan & kaos kaki. Bawa juga minyak telon atau penghangat lainnya, supaya anak2 tidak kedinginan setelah main es.

4. Snack dan makanan ada dijual di resort. Tetap butuh snack atau susu kemasan untuk jaga-jaga kalau anak2 kelaparan di tengah perjalanan.

5. Untuk yang ingin masuk dan foto-foto plus main2 seru di ski, tanpa sewa alat ski, masuk ke resort ini gratis koq! Jadi ini merupakan recommended place to visit, udah bisa naik shuttle gratis, masuknya juga gratis, bisa dapet foto dengan view keren, paling tinggal keluar uang untuk makan dan jajan.

6. Bahasa pengantar di website Jisan Ski Resort adalah Korea. Alangkah baiknya jika kita meminta bantuan orang hotel (atau orang local) untuk mendaftarkan kita untuk shuttle penjemputan. Di sana, petugas tiket juga rata-rata tidak berbahasa Inggris. Kami hampir mengira kalau untuk masuk ke resort harus membeli tiket karena keterbatasan Bahasa dan informasi yang ada di papan rata2 dalam Bahasa dan tulisan Korea.

gegayaan dengan tongkat dan sepatu ski, Nick pede meluncur di es dengan perlengkapan skinya, tanpa pelatih!

Entry filed under: Uncategorized.

Korea trip, Day 1 Mengajukan Visa Amerika ala CKS

8 Comments Add your own

• 1. Pitshu  |  December 27, 2014 at 02:34

ah… saya mau coba skiiii 😀

• 2. Pitshu  |  December 29, 2014 at 07:11

ah serunya, g pengen nyobain ski juga, cuma klo riberto yah klo bawa anak2 ahahhaha 😀

• 3. luvly7  |  July 22, 2015 at 04:20

nanti tunggu zio umur 3-4 tahunan deh Pit … baru bisa terasa seru walopun masih bakalan repot ngurusin makan dan cranky-nya anak2 🙂

• 4. Pitshu  |  July 22, 2015 at 10:22

yah… min dah bisa dikasih pengertian klo umur segitu yah 🙂 hahaha… Amin ^^

• 5. susana  |  January 29, 2015 at 06:52

asyiikk bgt… pengen bgt main salju .. kapan ya…

• 6. luvly7  |  July 22, 2015 at 04:20

pasti kesampean koq San 🙂 gue juga kemaren kyk mimpi bisa liat salju beneran 🙂 sabar deh, one day pasti giliran kamu sis!!